Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

4 Cabor Mau Gelar Kejurnas, Menpora Wanti-wanti Soal Disiplin Prokes

Rabu, 15 September 2021 19:43 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengingatkan empat cabor yakni Squash, Panjat Tebing, Triathlon dan Perbasi yang akan menggelar kejuaraan nasional patuh aturan penerapan protokol kesehatan. Hanya dengan itu, kejuaraan tersebut bisa digelar.

Hal itu disampaikan Menpora saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) tentang penyelenggaraan event olahraga dalam masa pandemi covid-19 secara virtual, Rabu (15/9).

Hadir langsung mengikuti rakor yaitu Ketum PB Persatuan Squash Indonesia, Sylviana Murni, Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (PP FTI), Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Perbasi saat ini adalah Danny Kosasih.

Baca juga : Soal Sepakbola Kungfu, Menpora: Tak Pantas Masuk Timnas

Hadir pula, Wasekjen Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI), Arlan Lukman, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Direktur IBL, Junas Miradiarsyah, perwakilan Kemenkes, Satgas Covid-19, BNPB dan Polri.

Menurut Menpora Amali, karena masih dalam situasi pandemic covid-19, maka pelaksanaan harus benar-benar memperhatikan penerapan protokol kesehatan yang ketata dan disiplin.

“Sekarang kita masih di tengah-tengah pandemi covid-19. Tetapi kita tidak boleh berdiam diri, kegiatan olahraga harus sudah kita lakukan. Tetapi, upaya-upaya pemerintah untuk melakukan penanganan covid-19 juga harus mendapatkan dukungan dari seluruh masyarakat. Dan itu termasuk kita yang ada di sektor olahraga,” pungkasnya.

Baca juga : Tinjau Liga 1, Menpora Apresiasi Penerapan Prokes Ketat

Pada rapat kali ini, keempat cabvang olahraga menyampaikan presentasi terkait rencana event olahraga yang akan digelar dalam waktu dekat.

“Tentu apa yang dipresentasikan oleh masing-masing cabang olahraga ini akan menjadi bahan pertimbangan buat Mabes Polri yang punya kewenangan untuk memberikan izin keramaian suatu kegiatan,” jelasnya.

Menpora Amali memastikan bahwa semua cabang olahraga mendapat perlakuan yang sama dan akan diberikan rekomendasi untuk memulai kompetisi seperti sepakbola yang sudah bergulir saat ini yaitu Kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Baca juga : Paralimpiade Masuk DBON, Menpora Optimistis Tambah Atlet Di Paris 2024

“Jadi kita perlelakuannya sama, kegiatan silakan berlangsung. Tetapi penerapan protokol kesehatan akan diterapkan secara disiplin dan akan ada pengecekan,” ungkapnya.

Empat cabang olahraga tersebut akan rencananya dalam waktu dekat akan menyelenggarakan kegiatan masing-masing. Untuk Squash, rencananya akan menggelar kegiatan Kejuaraan Nasional, Panjat Tebing juga melakukan kegiatan Kejuaraan Nasional.

Sementara itu, Perbasi rencananya akan melakukan kegiatan turnamen IBL dan turnamen Liga Mahasiswa. PBSI sendiri rencanannya akan menggelar 4 kegiatan sekaligus antara lain, Indonesia Masters, Indonesia Open, BWF Wolrd Cup Final, dan Indonesia Internasional Challenge. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.