Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenpora: PON Papua Ajang Pencarian Atlet Berbakat

Minggu, 3 Oktober 2021 07:21 WIB
Presiden Jokowi saat pembukaan PON Papua, Sabtu (2/10). (Foto : Kemenpora)
Presiden Jokowi saat pembukaan PON Papua, Sabtu (2/10). (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hajat Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (2/10) sore. Ajang digelar untuk mencari atlet-atlet berbakat dari seluruh Indonesia, terutama dari Bumi Cenderawasih tersebut.

"Dari PON gambaran talenta terpendam. Pembinaan akan ditingkatkan. Lebih bagus lagi disiapkan kompetisi. Atlet latihan terus," ungkap Kepala Bidang Olahraga Daerah Deputi IV Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Aziz Ariyanto dalam webinar nasional bertajuk ‘Keamanan PON XX Papua, Kehormatan Bangsa’ yang digelar Jakarta Journalist Center, Jakarta, Sabtu (2/10/2021).

Aziz menjelaskan tujuan penyelenggaraan PON XX Papua tidak hanya mencari atlet berkualitas dari seluruh Tanah Air semata, tetapi juga sarana meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan upaya menanggulangi gangguan keamanan.

Baca juga : Ganjar Kawal 167 Atlet Jateng Di PON XX Papua

Namun, potensi para atlet asal Papua itu tertutup masalah gangguan keamanan yang ditimbulkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Untuk itu, pemerintah berupaya menggali potensi 'Mutiara Hitam' melalui penyelenggaraan PON.

Selain itu, Aziz mengatakan, pemerintah juga berupaya menciptakan Sport Tourism di Papua. Sebab, menurut Aziz, Papua merupakan kota terindah yang dilengkapi pemandangan indah pula. Nantinya, kata Aziz , melalui Sport Tourism tersebut diharapkan dapat meningkatkan kondisi sosial ekonomi masyarakat Papua.

"Saling mendukung. Bisa mengembangkan olahraga dan pariwisata. Sport Tourism yang sedang kita kembangkan. Bagaimana tidak hanya olahraga saja, tetapi pariwisata," ujarnya dilansir rri.

Baca juga : Eks Kelompok Teroris Poso Basri Alias Bagong Ikrarkan Setia Ke NKRI

Aziz menambahkan, bahwa pemerintah pusat telah menjamin penyelenggaraan PON XX di Papua akan berlangsung aman. "Saya sudah 12 hari di sini. Bulan lalu 1,5 bulan. Alhamdulillah tak ada masalah, semua kondusif," katanya.

Sementara itu, Anggota Pandawa Nusantara Hendi S. Chaniago mengaku, sangat mengapresisasi penyelenggaraan PON XX Papua. Sebab, menurut Hendi, mata seluruh masyarakat Indonesia dan bahkan dunia internasional akan melihat bagaimana potensi di tanah Papua.

"Suksesnya PON, dampak ekonomi akan hadir. Dari sisi ekonomi sekaligus ajang promosi baik kepada seluruh masyarakat tanah air dan internasional. Papua tanah indah, bukan hanya Raja Ampat, tetapi seluruh tanah Papua eksotis," ungkapnya.

Baca juga : Kemenpora Dorong Pemuda Melek Keterampilan Digital

Hendi pun berharap, tingkat ekonomi masyarakat di Papua akan meningkat setelah penyelenggaraan PON XX tersebut. "Memberi dampak luar biasa bagi pengembangan ekonomi," ujarnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.