Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PON Papua

Atlet Kena Corona, Menpora Tegaskan PON Jalan Terus

Selasa, 5 Oktober 2021 06:50 WIB
Menpora Zainudin Amali saat meninjau penerapan prokes di PON Papua. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali saat meninjau penerapan prokes di PON Papua. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan temuan beberapa atlet yang positif Covid-19, tidak memengaruhi penyelenggaraan Pekan Olahraga nasional (PON) Papua.

“Saya kira dari awal mereka datang kan sudah divaksin. Jadi, kalau toh ada 1-2 orang (positif Covid-19) ya biasalah itu. tidak ada masalah,” kata Menpora, di Mimika, Papua, kemarin.

Hal tersebut disampaikannya saat meninjau Mimika Sport Centre yang menjadi arena sejumlah cabang olahraga, seperti atletik dan basket.

Baca juga : Dampingi Atlet PON, Menpora Berkantor Di Papua Hingga 16 Oktober

Menurut dia, atlet yang diketahui positif Covid-19 akan langsung menjalani karantina, sementara atlet-atlet lain tetap menjalani kegiatan seperti biasa.

“Satu kena, (PON) langsung dihentikan tidak mungkinlah. Kan sudah berjalan, bahkan ada yang sudah dapat medali,” katanya.

Untuk itu, Menpora sekali lagi menegaskan bahwa temuan kasus atlet positif Covid-19 tersebut tidak memengaruhi pelaksanaan PON.

Baca juga : Sukseskan PON Papua, Kemendagri Masifkan Gerakan Pembagian Masker

“Itu dari awal, dari technical meeting sudah diberitahu bahwa bagi cabang olahraga yang atletnya ada yang terindikasi positif langsung diisolasi. (Atlet) yang lain tetep jalan aja,” tegasnya.

Sebelumnya, diketahui dua atlet judo Provinsi Kalimantan timur terpaksa harus bertahan di Mimika, Papua, karena terpapar Covid-19, setelah dilakukan uji polymerase chain reaction (PCR) sebelum jadwal kepulangan tim Judo kembali ke provinsinya.

Pelatih Judo Kaltim, Adianoor mengatakan dua atlet tersebut yakni Melia Kubus dan Eko Haryono yang saat ini tengah menjalani perawatan di rumah Sakit di Mimika.

Baca juga : Menpora Pantau Penerapan Prokes Sepakbola Wanita Di Merauke

“Jadwal kepulangan tim Judo Kaltim menuju Kaltim pada 3 Oktober 2021, dari tiga atlet yang manjalani tes PCR dua atlet dinyatakan positif dengan status tanpa gejala,” kata Adianoor. Adianoor mengaku tetap bertahan di Mimika untuk menemani dua anak didiknya hingga kepulangan menuju Kalimantan timur.

“Untuk dua atlet yang positif dijadwalkan menjalani tes ulang PCR, kami sudah melakukan koordinasi dengan tim kesehatan KONI Kaltim, semoga hasilnya ada perubahan dan kami segera pulang,” kata Adiannor. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.