Dewan Pers

Dark/Light Mode

Paripurna Usul Interpelasi Ke Anies Digelar Hari Ini

Gerindra Dan PKS Panas

Selasa, 28 September 2021 07:05 WIB
Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi. (Foto: Twitter @PrasetyoEdi_)
Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi. (Foto: Twitter @PrasetyoEdi_)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tensi politik di DPRD DKI Jakarta dipastikan bakal panas. Pasalnya, hari ini, rapat paripurna usulan hak interpelasi kepada Gubernur DKI, Anies Baswedan akan digelar. Partai Gerindra dan PKS DKI meradang. Kedua parpol menganggap ini akal-akalan.

Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi menyampaikan, sesuai hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD DKI, maka rapat paripurna usulan hak interpelasi tentang Formula E kepada Gubernur DKI, akan digelar hari ini pukul 10.00 WIB.

Berita Terkait : DPR Berikan Apresiasi Kepada Pemerintah Papua Dan Papua Barat

Prasetio mengatakan, secara teknis, usulan hak interpelasi memang bisa diberi lampu hijau untuk dijadwalkan. Pasalnya, syarat minimal, ada 15 anggota DPRD yang mengusulkan hak itu telah terpenuhi.

“Setelah rencana kerja usulan-usulan semua di Bamuskan sudah selesai, ada usulan dari 2 fraksi. Karena di tatib dikatakan 15 anggota sudah cukup untuk interpelasi, dijadwalkan lagi, disetujui,” jelasnya, kemarin.

Berita Terkait : KPK Usut Aliran Duit Korupsi Pembangunan Gereja King Mile Papua

Diketahui, meski jadwal paripurna sudah keluar, tapi pemanggilan Anies Baswedan belum tentu bisa dilakukan. Pasalnya, agar rapat paripurna bisa dimulai, maka rapat harus dihadiri 50 persen ditambah 1 anggota DPRD DKI. Nantinya, bila syarat kuorum terpenuhi dan dalam rapat paripurna sebanyak 2/3 anggota yang hadir setuju interpelasi, barulah usulan itu akan diketok palu jadi hak interpelasi.

Secara terpisah, Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Gerindra, Syarif menilai, jadwal rapat paripurna tentang usulan penggunaan hak interpelasi terkait dengan Formula E terlalu cepat digelar.
 Selanjutnya