Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Dunia

Latvia Vs Belanda, Duel David Lawan Goliath

Jumat, 8 Oktober 2021 09:46 WIB
Pemain andalan Belanda, Memphis Depay. (Foto : AP)
Pemain andalan Belanda, Memphis Depay. (Foto : AP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Belanda bakal menjalani laga tandang yang mudah saat bersua Latvia di babak lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G. Pertarungan ini ibarat David vs Goliath yang bakal digelar di Daugava Stadium, Sabtu (9/10) besok malam.

Partai mudah ini tentu saja bakal dimaksimalkan Tim Orange – julukan Belanda untuk meraih angka penuh. Mereka harus bisa mewujudkan itu agar bisa tetap bertahan di puncak klasemen.

Sebab, saat ini posisi mereka masih rawan digusur Norwegia yang memiliki perolehan poin sama, yakni 13. Memphis Depay, yang tampil mengesankan dalam kemenangan 6-1 atas Turki, dipastikan bakal kembali tampil, dan akan menjadi pemain yang harus diperhatikan Latvia.

Baca juga : Swedia Vs Kosovo: Tanpa Ibra, Blagult Dirundung Waswas

Begitu juga penyerang berbakat dari Club Brugge Noa Lang, Frankie de Jong dari Barcelona dan pemain Paris Saint Germain (PSG) Georginio Wijnaldum.

Kehadiran sederet pemain top di Timnas Belanda ini jelas tidak menguntungkan Latvia. Sebab, penampilan mereka nanti bakal memperkecil peluang Latvia memetik angka, sekaligus memupuskan harapan lolos ke partai final.

Pasalnya, saat ini Latvia hanya menempati peringkat kelima dengan torehan lima poin dari enam laga. Mereka terpaut jarak yang cukup jauh dengan runner up Norwegia yang saat ini sudah mengoleksi 13 poin.

Baca juga : Brazil Sapu Bersih, Argentina Main Kaca Mata Lawan Paraguay

Harapan Latvia bisa menang dari Belanda makin kecil karena striker Rakow Vladislavs Gutkovskis dipastikan bakal absen akibat terkena akumulasi kartu.

Kesialan Latvia makin bertambah karena dalam kondisi seperti ini, mereka tidak bisa memanggil para pemain terbaik lainnya. Yaitu Kristers Tobers (12 caps) dan Janis Ikaunieks (39 caps, 7 gol).

“Sayang, kami tidak bisa mengandalkan Tobers karena dia masih cedera. Ikaunieks juga masih berada dalam masa pemulihan cedera berdasarkan hasil kunjungan kami ke klubnya lalu,” kata Pelatih Latvia, Dainis Kazakevics seperti dikutip dari ABC, kemarin.

Baca juga : Paraguay Vs Argentina, Perbaikan Status

Sementara, kubu Belanda bisa saja memastikan tiket lolos ke putaran final di bulan ini. Der Oranje difavoritkan meraih enam poin dari dua laga melawan Latvia dan Gibraltar. Apalagi di akhir pekan ini, dua pesaing mereka, Norwegia dan Turki akan saling berhadapan.

Peluang Memphis Depay dan kawan-kawan menang atas Latvia pun terhitung besar jika melihat tiga faktor. Yakni dari catatan head to head dan perbedaan kualitas pemain antara kedua negara.

Selain itu, performa Belanda juga sedang sangat bagus. Di tiga laga kualifikasi bulan lalu, tujuh poin berhasil diraih Belanda. Bahkan dua kemenangan kala itu diraih dengan skor telak 4-0 lawan Montenegro dan 6-1 versus Turki. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.