BREAKING NEWS
 

Terkait Kepala BIN, Jangan Kecewakan Marwah Rakyat Aceh

Reporter : WURYANTO
Editor : SRI NURGANINGSIH
Rabu, 6 November 2019 21:45 WIB
Foto: Dok. Pribadi

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan Wali Nanggroe Aceh Tengku Malik Mahmud Al-Haythar kepada Suhendra Hadikuntono menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) merupakan marwah dan kehormatan rakyat Aceh. Presiden Joko Widodo diminta mempertimbangkan dengan seksama harapan pemimpin di Aceh itu. 

"Bagi Aceh, sosok Suhendra penting untuk merawat perdamaian di Aceh dalam bingkai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia, red)," kata Malik Mahmud saat bertemu Suhendra di Aceh baru-baru ini seperti rilis yang diterima RMco.id Rabu (6/11).

Baca juga : Raih Padmamitra Award, Baznas Dianggap Sukses Berdayakan Masyarakat

Di sisi lain, Juru Bicara Komunitas Jokowi-Ma'ruf Amin Kuat (KAJAK) Khaidir menyatakan dukungan dari Wali Nanggroe Aceh itu sama halnya dengan dukungan masyarakat Aceh secara keseluruhan.
 "Jangan kecewakan rakyat Aceh. Dukungan Wali Nanggroe ini merupakan marwah masyarakat Aceh," tegas Khaidir.

Adsense

Sebelumnya, Khaidir menyebutkan sosok Suhendra Hadikuntono selama ini sudah berkontribusi banyak dalam menjaga perdamaian di Aceh. "Banyak tokoh nasional tidak memahami proses damai RI dan GAM di Aceh. Tapi sosok Suhendra sangat memahami psikologis rakyat Aceh, sehingga beliau tahu pasti bagaimana memperlakukan rakyat Aceh dengan penuh kehormatan," jelas Khaidir.

Baca juga : Tarif Kereta Bandara Solo Tak Akan Nyusahin Rakyat

Untuk itu, menurut Khaidir, dalam kabinet Indonesia Maju, Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin harus bisa menempatkan sosok-sosok yang memiliki kemampuan dan kecakapan sosial yang tinggi serta memiliki jiwa nasionalisme seperti yang ditunjukkan Suhendra dalam menangani masalah Aceh.

Kasus pemanggilan mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Muzakir Manaf oleh Komnas HAM yang sempat membuat situasi Aceh tegang, kata Khaidir, telah diselesaikan oleh Suhendra dengan elegan, sehingga seketika mampu meredam gejolak di Aceh. 

Baca juga : Pengusaha Asal Bogor Tandatangani Kontrak dengan Mitranya di Rusia

"Wali Nanggroe Aceh secara langsung telah memberikan apresiasi tinggi atas gerakan senyap yang dilakukan Suhendra," cetus Khaidir. Dengan kiprah, kapasitas dan rekam jejak intelijen serta koneksi dengan berbagai pihak yang dimiliki Suhendra, tegas Khaidir, tidak berlebihan kiranya bila Wali Nanggroe beserta masyarakat Aceh mengimbau kepada Presiden Jokowi agar menempatkan Suhendra sebagai Kepala BIN.

"Penempatan Suhendra di institusi lembaga intelijen tersebut adalah cara cerdas pemerintah dalam merekatkan Sabuk Nusantara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," pungkasnya. [WUR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense