Dark/Light Mode

Kepala BIN: Abu Rara Jaringan JAD Bekasi

Kamis, 10 Oktober 2019 17:05 WIB
Kepala BIN, Budi Gunawan (Foto: Istimewa)
Kepala BIN, Budi Gunawan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaku penusukan Menko Polhukam Wiranto, Syahril Alamsyah alias Abu Rara disebut Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan merupakan anggota Jamaah Anshorut Daulah (JAD) Bekasi.

Abu Rara sebelumnya bergabung dalam JAD Kediri.

Baca juga : Bank BRI Sambut Puncak Peringatan Hari Batik Nasional

"Dari dua pelaku ini, kita sudah bisa mengidentifikasi bahwa pelaku adalah kelompok JAD Bekasi," ujar Kepala BIN Budi Gunawan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis (10/10).

Dari hasil deteksi BIN, Abu Rara mulanya bergabung dalam sel JAD Kediri. Abu Rara kemudian teridentifikasi pindah ke Bogor. Setelah bercerai dari istri pertamanya, Abu Rara pindah ke Menes. Pria asal Sumatera Utara itu difasilitasi oleh salah satu anggota JAD dari Menes, Abu Syamsuddin, untuk tinggal di sana.

Baca juga : Awas DPR Baru Jadi DPR Bau

"Beberapa kegiatan yang bersangkutan sudah dideteksi dan sudah dalam pengembangan," sambung Budi Gunawan.

Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir sebelumnya mengungkapkan, Syahril bersama istrinya, Fitri Andriana, menerobos pengamanan ketika Wiranto tengah menyapa dan bersalaman dengan masyarakat yang menunggunya di sana. Kemudian, Syahril menusuk eks Panglima ABRI itu.

Baca juga : Kepala Bappenas: Warga Kaltim Punya DNA Memisahkan Fungsi Kota

"Yang laki-laki dalam bentuk belati dan perempuan, gunting," ujarnya. Belati yang digunakan adalah kunai, yang biasanya dipakai ninja di Jepang. Seperti pada film kartun Naruto.

Akibat peristiwa ini, empat orang mengalami luka tusuk. Keempat orang tersebut adalah Menko Polhukam Wiranto, Kompol Dariyanto, anak buah Wiranto yang bernama Fuad Sauki, dan ajudan Danrem. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.