BREAKING NEWS
 

Kominfo Dan PANDI Gelar Selebrasi Digitalisasi Aksara Nusantara

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Selasa, 14 Desember 2021 15:18 WIB
Selebrasi Digitalisasi Aksara Nusantara yang digelar Kominfo dan PANDI di JS Luwansa Hotel, Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (14/12). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Dalam sambutannya, Kepala BSN mengatakan bahwa dewasa ini keberadaan aksara daerah semakin tergerus oleh aksara latin. Oleh karenanya momentum Digitalisasi dinilai sangat tepat dalam menghadapi perkembangan zaman.

"Aksara daerah mulai tersingkir oleh aksara latin dalam kehidupan sehari hari bermasyarakat. Kita terus berupaya menggunakan aksara daerah dengan perangkat yang ada. Digitalisasi aksara nusantara dipandang perlu dilakukan untuk tetap bisa melestarikan aksara nusantara, " ungkap Kukuh.

Baca juga : Gandeng OJK, BI Genjot Digitalisasi Keuangan UMKM

Sementara itu Ketua PANDI Yudho Giri Sucahyo, menuturkan bahwa bahasa dan aksara menunjukan karakter, identitas, dan budaya.

Oleh karenanya PANDI ingin memberi sinyal hadirnya Negara melalui keberadaan aksara nusantara, dan menggandeng para pegiat aksara dalam upaya "PANDI hanyalah berusaha memberikan kontribusi kecil melalui lokomotif terhadap digitalisasi aksara nusantara, lebih dari itu ada para pegiat aksara nusantara yang tak kenal lelah bekerja mengupayakan pelestarian dan penggunaan aksara nusantara," pungkas Yudho.

Baca juga : BAKTI Kominfo Tak Berhenti Penuhi Kebutuhan Telekomunikasi Di Nusantara

Sebagai tindak lanjut dari penetapan SNI Aksara Nusantara. Kegiatan selebrasi ini diharapkan dapat berperan untuk memperluas penggunaan Aksara Nusantara diperangkat digital, menjadi tonggak digitalisasi aksara nusantara, dan sebagai salah satu bentuk pemajuan kebudayaan nusantara secara umum di dunia digital.

Acara ini juga untuk mendorong berbagai pihak terus berkolaborasi mempertahankan dan melestarikan budaya nusantara, melalui ruang digital yang merupakan bagian dalam menciptakan generasi penerus bangsa, tidak hanya dapat menggunakan teknologi namun juga canggih memanfatkan ruang digital untuk melestarikan budaya nusantara. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense