Dewan Pers

Dark/Light Mode

Menkominfo Gandeng Kadin Percepat Transformasi Digital

Senin, 6 Desember 2021 18:21 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate di acara bersama Kadin. (Foto : Kominfo)
Menkominfo Johnny G. Plate di acara bersama Kadin. (Foto : Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menkominfo Johnny G. Plate mengajak Kamar Dagang dan Industri Indonesia mengambil bagian akselerasi transformasi digital di Indonesia.  

Ini sejalan dengan Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024 yang mendorong perluasan pasar dalam negeri bagi produk lokal.

“Kita mendorong bagaimana Kadin ikut bersama-sama dengan program Pemerintah, salah satu program Pemerintah yang penting adalah transformasi digital,” ujarnya usai mengikuti Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin 2021, dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/12)

Berita Terkait : Menko Polhukam Ingin Optimalisasi Penanganan Perkara Berbasis Digital

Menteri Johnny memaparkan peta jalan untuk akselerasi transformasi digital yang membutuhkan dukungan semua pihak, termasuk Kadin .  

“Makanya, tadi di pertemuan bersama Kadin , khususnya di bidang wirausaha, kita menyampaikan bagaimana potret ICT dan rencana pembangunan di Indonesia yang merupakan bagian dari Roadmap Digital Indonesia 2021-2024,” jelasnya.

Menkominfo menekankan agar pasar (demand) dalam negeri harus bisa dipenuhi dengan hasil produksi dalam negeri. “Nah ini melalui apa? Banyak kegiatannya, termasuk Kominfo memberikan dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,” tuturnya.

Berita Terkait : Sekjen PBNU: Pandemi Covid-19 Percepat Penurunan Kualitas Demokrasi

Gernas BBI menurut Menteri Johnny merupakan salah satu program yang menjadi titik penting bagi kebangkitan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah derasnya arus digitalisasi.

“Melalui program GNBBI, saya mengharapkan para pelaku UMKM mampu meningkatkan daya saing produk Indonesia lewat stimulus pelatihan ataupun pendampingan aktivitas bisnis ke ruang digital,” jelasnya.

Bahkan, Menkominfo juga mendorong platform digital e-commerce dan marketplace untuk menyerap hasil produksi di dalam negeri. Hasilnya, di tahun 2020 lalu, Kementerian Kominfo telah berhasil mendorong  lebih dari 3,8 juta pelaku usaha kreatif dan UMKM onboarding ke platform e-commerce.

Berita Terkait : Menkeu: Pandemi Percepat Inklusi Keuangan

“Kontribusi untuk UMKM, kita sama-sama semuanya bekerja untuk mendorong agar UMKM menjadi UMKM digital onboarding itu bisa kita lakukan dengan baik dan saat ini sudah lebih dari 16 juta dari 64 juta UMKM Indonesia sudah menjadi digital,” jelasnya.

Guna memperluas pasar, Kementerian Kominfo berupaya melakukan percepatan digitalisasi melalui pembangunan infrastruktur kabel serat optik agar bisa menjembatani kesenjangan digital.

“Ini tentu panjang waktunya. Namun, saya ingin sampaikan bahwa pilar infrastruktur digital ini penting yang memungkinkan enabler seluruh ekosistem digital Indonesia,” ungkap Menteri Johnny.  [IPL]