BREAKING NEWS
 

Bisnis Penerbangan Mulai Pulih

Garuda Kantongi Peluang Perbaiki Kinerja Keuangan

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : FAZRY
Sabtu, 8 Januari 2022 06:50 WIB
Garuda Indonesia. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memiliki peluang untuk mengatasi masalah keuangan seiring membaiknya bisnis penerbangan. Semoga proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) Sementara, memberikan titik terang untuk membantu mengatasi persoalan tersebut.

Pengamat Penerbangan Gatot Raharjo melihat, Garuda Indonesia optimistis proses PKPU akan membawa hasil positif bagi perseroan. Karena menurutnya, tidak mungkin Garuda mengajak para kreditur untuk mengikuti proses PKPU kalau manajemen perseroan tidak yakin akan berhasil.

“Dan memang PKPU ini lang­kah yang paling efisien. Karena krediturnya sudah berkumpul, sehingga lebih gampang untuk negosiasi,” kata Gatot kepa­da Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Soal Keterangan Palsu Aliza Gunado, KPK Akan Tentukan Sikap

Ia berharap, selanjutnya akan terus ada titik terang bagi Garuda Indonesia, untuk memper­baiki kinerja keuangan, maupun proses restrukturisasi. Sehingga Garuda sebagai maskapai na­sional Tanah Air, tetap dapat memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat.

Lebih jauh, Gatot melihat, di 2022 ini, beberapa prediksi me­nyatakan industri penerbangan mulai rebound. Ini lantaran pe­nyebaran Covid-19 yang mulai landai. Dan ada kemungkinan sudah terbentuk herd immuni­ty karena banyaknya masyarakat yang sudah divaksin.

“Ini sebenarnya kabar baik, karena jumlah penumpang diprediksi meningkat. Tetapi tetap harus diwaspadai beberapa hal, agar rebound ini tidak jadi bu­merang,” warning Gatot.

Baca juga : Industri Mamin Kudu Bantu UMKM & Petani Naik Kelas

Selain itu, ia menyarankan untuk menyehatkan maskapai, Pemerintah bisa mendorong industri tetap mengutamakan aspek keselamatan penerbangan dan merawat pesawat. Dan, diharapkan tidak terjadi lagi perang harga antar maskapai.

“Pemerintah juga harus mengatur slot penerbangan, agar maskapai tidak saling berebut penumpang. Sehingga terjadi perang antar mereka,” imbaunya.

Adsense

Untuk diketahui, saat ini para kreditur telah menjalani proses periode pendaftaran kewajiban usaha, pada tahapan PKPU Sementara. Tenggat waktunya hanya berlangsung hingga 5 Januari 2022, pukul 17.00 WIB.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense