BREAKING NEWS
 

Riset Ipsos : Shopee Jadi Top E-commerce Yang Paling Banyak Dicari Sepanjang 2021

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Jumat, 28 Januari 2022 16:24 WIB
Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Selanjutnya indikator terakhir berdasarkan pangsa pasar nilai transaksi, Shopee lagi-lagi menduduki peringkat pertama yang mencatatkan pangsa pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 40 persen. Peringkat kedua disusul oleh Tokopedia (30 persen) dan Lazada (16 persen).

Diungkapkan Andi, penilaian tersebut merupakan hasil dari penelitian Ipos di Indonesia secara online pada tanggal 26 November-6 Desember 2021, dengan melibatkan total 1.000 responden dari usia 18-35 tahun ke atas.

Penelitian ini dilakukan tidak hanya di kota Tier 1 seperti Jakarta dan kota besar lainnya yang menjadi barometer, tetapi juga di kota-kota Tier 2 dan Tier 3 yang memiliki potensi untuk menjadi penopang pertumbuhan Indonesia di masa yang akan datang.

Baca juga : Pandemi Dan Ekonomi Jadi Perhatian Warganet Sepanjang 2021

"Selain empat indikator utama, riset kali ini juga ditujukan untuk melihat bagaimana perilaku serta antusiasme masyarakat dalam menyambut kemeriahan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas," kata Andi.

Sebab menurut Andi, Harbolnas menjadi salah satu aspek signifikan yang menjadikan kuartal IV setiap akhir tahun, sebagai momentum bagi e-commerce untuk meningkatkan nilai saing dan memberikan penawaran terbaik bagi konsumen.

Ragam aspek mulai dari rangkaian promo yang ditawarkan hingga pilihan produk dari berbagai kategori favorit pengguna mengambil peran signifikan. Terutama dalam memberikan nilai tambah serta memenuhi preferensi konsumen dalam memilih platform e-commerce.

Baca juga : Tips Membeli Tumbler Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Tak hanya itu, masih dalam riset Ipsos, Shopee juga menjadi platform e-commerce yang paling mendukung perkembangan UMKM dan mitra brand lokal di e-commerce.

"Serta bagaimana dukungan yang mereka dapatkan hingga dapat tetap menjaga keberlangsungan bisnisnya serta mampu mengalami kemajuan," ujarnya.

Andi merinci, jika dilihat dari dukungan terhadap UMKM di Indonesia, 44 persen responden menilai Shopee sebagai e-commerce yang memiliki peran terbesar dalam penyediaan edukasi, penyaluran dana, dan logistik, diikuti oleh Tokopedia (35 persen) dan Lazada (10 persen).

Baca juga : Sandi Dorong Pelaku Pariwisata Manfaatkan BPUP 2021

"Dapat disimpulkan bahwa Shopee mengungguli persaingan e-commerce di Indonesia untuk periode kuartal IV-2021. Dan, kita akan terus melihat geliat persaingan e-commerce ini, baik melalui layanan maupun promosi yang ditawarkan," pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense