Dark/Light Mode

Megawati Siap Hadir Dalam Peresmian

KAI Bangun Patung Bung Karno Di Semarang, PDIP Happy

Rabu, 29 September 2021 12:18 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Istimewa)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - DPP PDI Perjuangan mengapresiasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI yang membangun patung Presiden Pertama RI Soekarno, di Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Seluruh jajaran DPP PDIP berterima kasih kepada PT KAI serta warga masyarakat Semarang, atas dibangunnya patung Soekarno yang akan diresmikan itu," kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu (29/9).

Rencananya, peresmian patung tersebut akan dihadiri Ketua Umum PDIP yang juga putri sulung Bung Karno, Megawati Soekarnoputri bersama keluarga, dijadwalkan hadir secara virtual dalam acara peresmian patung Proklamator RI tersebut.

"Ibu Megawati beserta keluarga akan hadir dalam peresmian acara tersebut, secara virtual. Rencananya, Ibu Megawati akan memberikan sambutan," imbuh Hasto.

Baca juga : Pertamina Berikan Bantuan PMT Delivery Service

Ia menyebut, kehadiran patung itu semakin memperkuat getaran kehadiran Putra Sang Fajar di tengah-tengah masyarakat. Harapannya, masyarakat Indonesia terus berjuang mewujudkan cita-cita pendiri bangsa, yakni Indonesia Raya yang berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Bagi PDIP, PT KAI akan selalu menjadi bagian dari sejarah bangsa. Sebab di masa-masa awal kemerdekaan, tepatnya 3 Januari 1946, Soekarno-Hatta melakukan perjalanan 'hijrah' bersejarah ke Yogyakarta dengan menggunakan kereta api.

Di tengah kuatnya pengawasan penjajah Belanda yang masih berjejak di Nusantara saat itu, perjalanan tersebut sangat tidak mudah.

Hasto juga menegaskan, bagaimana Bung Karno memiliki sejarah khusus dengan jawatan kereta api.

Baca juga : Mantap! Pemkab Tangerang Borong Penghargaan Top BUMD Award 2021

"Dalam masa sulit, Bung Karno pernah bekerja di Perusahaan Kereta Api Belanda di Jawa Timur. Hubungan emosional telah terbangun ketika Bung Karno menjadi buruh di perusahaan kereta api tersebut," katanya.

Tak hanya kepada KAI, PDIP juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi juga kepada Menteri BUMN Erick Thohir, atS dibangunnya patung Bung Karno.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, patung Bung Karno yang akan diresmikan itu merupakan bagian dari pekerjaan penataan kawasan stasiun Tawang, Area Kota Lama, Semarang.

Satu pekerjaan adalah plasa patung Bung Karno, dua lainnya adalah pembangunan masjid stasiun yang bisa menampung 1.000 jamaah dan pembangunan "gate-in/gate-out".

Baca juga : KPK Siap Hadapi Gugatan Penyitaan Tanah Eks Bupati Lampung Utara

Patung Bung Karno dibuat oleh Seniman I Nyoman Nuarta setinggi 14 meter. Lokasinya dikelilingi air, karena dibangun di atas polder yang terletak di area Stasiun Tawang.

Patung ini disebut-sebut akan menjadi patung Bung Karno yang tertinggi di dunia.

Direksi dan mantan petinggi PT KAI juga dijadwalkan akan hadir di acara tersebut. Termasuk Direktur Utama Didiek Hartyanto dan mantan Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Sementara Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersama wakilnya Hevearita G Rahayu dijadwalkan hadir, bersama unsur Forkopimda setempat. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.