BREAKING NEWS
 

Amartha Siapkan Modal Untuk 1 Juta Mitra Perempuan Pengusaha Mikro Di Desa

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Rabu, 9 Maret 2022 19:35 WIB
Founder CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra (kiri atas) dalam acara Virtual Media Briefing: Launching Satu Juta Mitra Amartha secara virtual, Rabu (9/3). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Amartha menggunakan sistem one-lender-one-borrower bagi pendana individu. Di mana setiap pendana dapat memberikan modal usaha bagi satu orang mitra. Nilai pendanaan bervariasi mulai dari 3-5 juta rupiah.

Dengan fitur crowdfunding, satu mitra UMKM dapat memperoleh modal usaha dari puluhan pendana sekaligus. Ini merupakan salah satu wujud dukungan Amartha terhadap peraturan OJK dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Adsense

"Selain mendapatkan imbal hasil yang kompetitif, pendana yang menyalurkan modal lewat Amartha juga telah menciptakan jutaan peluang dan kesejahteraan bagi banyak keluarga Indonesia," ujarnya.

Baca juga : Kadin-Polri Siapkan MoU Pendampingan Dan Pencegahan Pelanggaran Hukum Di Dunia Usaha

Amartha mencatat, 95 persen mitra berhasil memenuhi kebutuhan dasar setelah bergabung dengan Amartha. Sebanyak 96 persen mitra juga tercatat dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Andi melanjutkan, Amartha mengucapkan terima kasih atas kolaborasi yang baik dengan mitra perbankan, seperti Bank Mandiri, BRI, Permata Bank, Bank Ganesha, Mandiri Tunas Finance, Mandiri Taspen, Indosurya, dan segenap rekan perbankan dari BPD dan BPR, atas partisipasinya dalam menyalurkan permodalan bagi UMKM lewat Amartha.

Chief Risk & Sustainability Officer Amartha Aria Widyanto menambahkan, pihaknya tak hanya menyalurkan modal usaha saja ke para mitra, tetapi juga memberikan pendampingan untuk memastikan usaha mereka berkembang.

Baca juga : Rentan Jadi Korban Kekerasan, Puan Minta Lindungi Perempuan Dalam Pusaran Konflik

Berdasarkan riset Amartha, dampak kesejahteraan tidak hanya dirasakan oleh mitra saja tetapi juga oleh keluarga dan komunitas di sekitarnya.

"Sebanyak 30 persen, mitra Amartha mampu menciptakan lapangan kerja informal di desa, sehingga dampaknya berlipat ganda karena turut menyejahterakan masyarakat di sekitarnya," imbuh Aria.

Komisaris Utama Amartha Rudiantara, menjelaskan, Amartha sebagai pemain di sektor microfinance sejatinya dapat menjadi solusi bagi puluhan juta UMKM yang kesulitan memperoleh modal lewat bank.

Baca juga : Kurang Dua Pekan, Rusia Jadi Negara Penerima Sanksi Terbanyak Di Dunia

Amartha menyediakan layanan keuangan inklusif sekaligus program pendampingan usaha untuk UMKM.

"Namun, peluang besar ini tidak bisa dikerjakan oleh Amartha saja, butuh kolaborasi dengan berbagai sektor untuk mengakselerasi penyaluran modal usaha ke puluhan juta UMKM di Indonesia," imbaunya.

Transformasi digital menjadi salah satu kunci bagi microfinance untuk mempercepat penyaluran modal usaha ke UMKM. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense