BREAKING NEWS
 

Hotel Penuh, Pesawat Dan Bandara Rame Penumpang

BUMN Girang Event MotoGP Bawa Berkah

Reporter : IRMA YULIA
Editor : FIRSTY HESTYARINI
Sabtu, 26 Maret 2022 07:30 WIB
Seorang warga melintas di gerbang kampung ”homestay” Mong di kawasan wisata Kuta Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (5/3/2022). (ANTARA/Ahmad Subaidi/wsj).

 Sebelumnya 
Bila dibandingkan sebelum adanya event ini, Bandara Internasional Lombok rata-rata hanya melayani hingga 3.500-4.000 penumpang per hari. Dengan trafik pesawat mencapai rata-rata 40 pergerakan pesawat per hari.

“Jika melihat tren pergerakan penumpang, puncak arus kedatangan terjadi pada 18 Maret 2022 yakni sebanyak 8.886 penumpang yang datang ke Lombok,” terang Faik.

Sedangkan puncak arus keberangkatan, sambung dia, terjadi pada 21 Maret 2022 yang terdapat 11.010 penumpang berangkat dari Bandara Internasional Lombok.

Baca juga : Bandara I Gusti Ngurah Rai Bakal Jadi Penghubung Saat Gelaran MotoGP Mandalika

Ia meyakini, suksesnya pelaksanaan event MotoGP di Mandalika ini akan membawa dampak positif bagi pemulihan ekonomi, industri aviasi dan pariwisata Lombok secara berkelanjutan di masa yang akan datang.

Sementara, BUMN penyeberangan, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Lembar juga sukses melayani puncak layanan penyeberangan di lintasan Padangbai-Lembar yang menghubungkan Pulau Bali dengan Lombok dalam mendukung perhelatan MotoGP.

Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin mengatakan, layanan penyeberangan di lintasan tersebut mengalami tren kenaikan signifikan, terhitung untuk periode 15-20 Maret 2022.

Baca juga : I Gusti Ngurah Rai Jadi Bandara Penghubung Saat MotoGP Mandalika

“Saat pelaksanaan event ini, kami telah melayani 26,000 orang penumpang, 6 468 unit sepeda motor, 2.702 unit kendaraan pribadi, dan 699 unit bis yang melintas Bali-Lombok,” katanya, melalui siaran pers, Senin (21/3).

Menurutnya, para penonton event MotoGP yang berdatangan cukup banyak, baik yang berasal dari luar negeri maupun domestik.

Karenanya, terdapat tren pergerakan penumpang sejak 15 Maret lalu. Baik dari Jawa, Bali, Sumbawa, maupun daerah lainnya mulai memadati pelabuhan.

Baca juga : Hotel BUMN Bidik Penonton MotoGP

Sementara puncak arus balik dari Pelabuhan Lembar menuju Padangbai, Bali terjadi pada Minggu (20/3) pukul 19.00 WITA.

“Hingga Senin (21/3) dini hari, penumpang dan kendaraan terus mengalir. Makanya, kami memberlakukan pola layanan sangat padat dengan memaksimalkan operasi 26 kapal, dan memperpendek waktu pelayanan di dermaga hanya 20 menit,” bebernya.

Dia menegaskan, selalu mengoptimalkan personil pendukung di lapangan. Dan tetap menjaga kebersihan, keamanan serta kenyamanan di lingkungan kapal dan pelabuhan.  [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense