Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Semeru Erupsi, Ganjar Dan Santri Ponpes Tawangmangu Gelar Doa Bersama

Minggu, 5 Desember 2021 09:00 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melakukan doa bersama atas meletusnya Gunung Semeru, Sabtu (4/12). (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melakukan doa bersama atas meletusnya Gunung Semeru, Sabtu (4/12). (Foto: Humas Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Semeru meletus kemarin, Sabtu (4/12). Letusan gunung api yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang itu menyebabkan guguran lava dan awan panas yang melanda sejumlah daerah di sekitarnya.

Doa untuk warga sekitar Semeru menggema dari seluruh masyarakat Indonesia. Termasuk, dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Saat melakukan silaturahmi ke Pondok Pesantren Isy Karima, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar,

Ganjar mengajak ratusan santri yang ada di pondok itu mendoakan masyarakat di sekitar Gunung Semeru agar diberikan keselamatan.

Baca juga : Semeru Erupsi, Bandara Juanda Dan Abdulrachman Saleh Masih Beroperasi Normal

Doa dipimpin Ketua Yayasan Pondok Pesantren Isy Karima, Ustaz Syihabudin Abdul Muiz. Ratusan santri yang hadir, termasuk Ganjar, begitu khusyuk mengamini doa itu.

"Ya Allah, Gunung Semeru meletus. Mudah-mudahan itu bukan tanda buruk bagi kami, karena engkau murka pada bangsa kami. Jadikan musibah ini menjadi pengingat kami untuk semakin mendekat pada engkau. Ya Allah, jadikan semua gunung-gunung bersahabat dengan kami, jangan kau muntahkan lava dan seluruh api yang ada di bumi pada kami. Ya Allah dinginkan, Ya Allah tentramkan, Ya Allah tenangkan,” ucap Ustaz Syihabudin.

Sementara, Gubernur Ganjar mengatakan, dia bersama seluruh masyarakat Jateng, khususnya para santri di pondok Isy Karima, mendoakan seluruh masyarakat yang ada di sekitar Semeru. Ia berharap semuanya selalu sehat, kuat dan tabah.

Baca juga : Sediakan Rumah Untuk Pekerja, BTN Gelar Akad Kredit Massal

"Insyaallah kami siap membantu. Tadi bersama para santri ikut mendoakan, mudah-mudahan ini bagian dari ekspresi kita bagaimana antarsesama kita peduli, antarsesama kita siap membantu dan saling mendoakan. Kita tadi mendoakan mudah-mudahan saudara-saudara kira di sekitar Semeru selalu sehat, kuat, dan tabah," ucapnya.

Disinggung apakah dampak letusan Gunung Semeru sudah sampai ke Jateng, Ganjar mengatakan belum menerima laporan.

"Biasanya, kejadian-kejadian yang umpamanya nanti membesar, komunikasi itu akan terjalin. Sampai hari ini yang ke saya belum ada laporan dampaknya sampai ke Jawa Tengah," beber Ganjar. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.