BREAKING NEWS
 

Tingkatkan Rasio Elektrifikasi

PLN Manfaatkan Listrik Tenaga Surya Di Pulau Terpencil

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : FAZRY
Senin, 22 Juli 2019 20:00 WIB
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Di Desa Seraya Maranu Kabupaten Manggarai Barat. Kini, Warga di Desa Seraya sudah bisa menikmati listrik dan jadi kado terindah di 74 Tahun Indonesia Merdeka. (Foto: Humas PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) tengah menyiapkan suplai listrik menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di sejumlah pulau terpencil di Kabupaten Manggarai Barat. Empat titik yang disiapkan yakni untuk Kecamatan Komodo, di Desa Seraya Maranu (Pulau Seraya Besar), Desa Papagarang ( Pulau Papagarang ), Desa Pasir putih ( Pulu Messa ) dan Desa Batu Tiga ( Pulau Boleng) di Kecamatan Boleng. 

Saat ini, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal 190kWp sudah bisa dialirkan untuk 162 KK di Desa Seraya Maranu Pulau Seraya Besar. Sementara lainnya masih dalam proses pembangunan. Suplai listrik di pulau-pulau tersebut menggunakan PLTS ( Sel fotovoltaik tenaga surya, Inverter PV, Inverter bidirectional dan Baterai ) yang akan beroperasi 24jam, semua material diangkut dengan kapal melalui laut dari Jakarta - labuan bajo dan lanjut ke Pulau Seraya.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTT Ignatius Rendroyoko menegaskan, sumber pembangkit listrik ini menunjukan PLN hadir melayani hingga pelosok negeri, sekaligus upaya percepatan program Peningkatan Rasio Elektrifikasi (RE), serta peningkatan pembangunan pembangkit lisrik EBT (Energi Baru Terbarukan).

Baca juga : PLN Sukses Terangi Desa Umera Di Pulau Gebe

"Kehadiran PLTS komunal ini untuk mempercepat melayani listrik di desa yang belum berlistrik atau di kepulauan/terisolir. Dan nantinya meteran yang dipakai masyarakat adalah kWh Limiter yang bisa digunakan semua energi merata dipakai oleh masyarakat," tutur Rendroyoko dalam rilis, Senin (22/7/2019). 

Kepala Desa Seraya Maranu Sutirman menyampaikan ucapan terima kasih kepada PLN. Menurutnya, Listrik (PLN) sangat berperan besar dalam membantu, terutama di daerah 3T khususnya Desa seraya Marannu.

Adsense

"Dengan adanya listrik PLN, kedepannya penerangan dan produk masyarakat Desa bisa bersaing secara nasional dan tidak menutup kemungkinan bisa Go internasional. Saya yakin, kedepannya akan banyak UKM-UKM yang akan bermunculan dampak postif dari masuknya listrik kedesa kami, karena tehknologi dalam bentuk apapun membutuhkan listrik" Ujarnya.

Baca juga : Kebijakan Mentan Bangun Logistik Pangan Skala Besar Mulai Terwujud

Sutirman menambahkan, meski dipulau terpencil, mulai sekarang masyarakat dan generasi penerus bisa siap bersaing dan merdeka dari gagap teknologi (Gaptek), dan bisa berbuat banyak untuk bangsa dan Negeri ini.

Sebelumnya, Desa Pasir putih (pulau Rinca) dan Desa Komodo (Pulau Komodo) sudah berhasil dinyalakan pada januari 2017, aparat desa kepulauan lainnya terlihat aktif untuk menjalin komunikasi terkait pelayanan listrik di desanya, mulai dari proses survey pembebasan tanah untuk lokasi pembangunan PLTS sampai listrik menyala.

Terang 24 Jam

Baca juga : Tingkatkan Hubungan Diplomatik, RI-AS Kerja Sama Di Bidang Militer

Rendroyoko menerangkan, selama ini masyarakat harus beli (bahan bakar minyak) BBM 50 liter per bulan (Rp6.450 x 50 = Rp 322.500 ) untuk hidupkan genset sebulan. "Itu pun nyalanya hanya jam 18.00 sore s/d jam 22.00 wita malam, sedangkan dengan Token listrik, cukup 100.000 sebulan dan menyala 24 jam, perbandingannya 1 : 3,2 lebih hemat dengan listrik PLN," kata dia. 

Rendroyoko mengungkapkan, kerinduan akan listrik warga desa sangat besar, semoga dengan adanya PLTS ini warga bisa menyambung menjadi pelanggan PLN dan bisa memanfaatkan listrik secara bijak, sehingga bisa mendorong perekonomian setempat seperti Potensi resort, dan usaha perikanan bisa awetkan ikan pakai freezer. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense