Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tingkatkan Ratio Elektrifikasi

PLN Sukses Terangi Desa Umera Di Pulau Gebe

Kamis, 18 Juli 2019 18:38 WIB
Petugas PLN memanjat Tiang Listrik. Pada hari Rabu (17/7), PLN berhasil melistriki Desa Umera yang terletak di Pulau Gebe, yakni pulau yang terletak di antara Pulau Halmahera dan Kepulauan Raja Ampat yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik. (Foto : Humas PLN)
Petugas PLN memanjat Tiang Listrik. Pada hari Rabu (17/7), PLN berhasil melistriki Desa Umera yang terletak di Pulau Gebe, yakni pulau yang terletak di antara Pulau Halmahera dan Kepulauan Raja Ampat yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik. (Foto : Humas PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN Persero terus melakukan peningkatan elektrifikasi dengan melistriki desa-desa yang belum berlistrik melalui program Listrik Desa (LISSA) serta pulau-pulau terluar. Kali ini, upaya PLN tersebut telah dirasakan oleh masyarakat Desa Umera, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara.

General Manager (GM) PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) Romantika Dwi Juni Putra menyampaikan, PLN berhasil melistriki Desa Umera yang terletak di Pulau Gebe, yakni pulau yang terletak di antara Pulau Halmahera dan Kepulauan Raja Ampat yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik. Dengan dilistrikinya Desa Umera, maka kini tersisa 1 (satu) desa lagi yang akan segera dilistriki oleh PLN dari total 62 desa yang ada di Kabupaten Halmahera Tengah.

"PLN menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan melistriki desa-desa di Maluku Utara, termasuk Desa Umera ini," ujar Romantika dalam rilis kepada wartawan (18/7/2019).  

Baca juga : Lakukan Diskriminasi, Grab-TPI Terancam Didenda Rp 25 M

 

Petugas PLN menggotong tiang listrik di Desa Umera, Kabupaten Halmahera Tengah. (Foto : Humas PLN)

Romantika mengakui, Pemda Kabupaten Halmahera Tengah juga sangat berperan dalam membantu melistriki Desa Umera, mulai dari pembayaran biaya pasang baru bagi 116 pelanggan, bantuan Right Of Way (ROW) atau ruang bebas dari pohon untuk jaringan listrik sepanjang 17 kms, bantuan 3 unit mesin sebelumnya di PLTD Gebe melalui skema Serah Terima Operasi (STO) dengan total kapasitas 1.700 kW, serta rencana bantuan 1 unit mesin untuk penambahan kapasitas di PLTD Patani dengan kapasitas 250 kW.

Selaras dengan hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Halmahera Tengah Syaiful Samad menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada PLN atas kerja keras yang telah dilakukan sehingga jaringan listrik bisa masuk ke Desa Umera.

Baca juga : PLN Sukses Terangi Pulau Tolonuo Dan Dagasuli Halmahera Utara

“Listrik sebagai kebutuhan utama masyarakat dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar terutama potensi yang ada di desa ini. Semoga dengan hadirnya listrik dapat mendukung peningkatan berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan, pariwisata, dan sektor lainnya”, terang Syaiful.

Petugas PLN mengecek kondisi kelistrikan di Desa Umera, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara.

Di samping itu, guna melistriki Desa Umera PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 17 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 1,6 kms dan 1 buah Trafo Distribusi kapasitas 100 kVA.

Dengan dilistrikinya Desa Umera ini juga, kini tersisa 63 desa lagi yang akan segera dilistriki oleh PLN dari total 692 desa di Pulau Halmahera dan Pulau Morotai. Adapun ditargetkan pada tahun 2020 PLN dapat melistriki sebanyak 1.181 desa dari total 1.200 desa di Provinsi Maluku Utara atau rasio desa berlistrik PLN sebesar 98,4 persen dimana tercatat hingga Juni 2019 RE PLN di Provinsi Maluku Utara telah mencapai 89,33 persen. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.