BREAKING NEWS
 

Gandeng GLND Siberkreasi, GoTo Genjot Pemahaman Literasi Digital Mitra Usaha

Reporter : DEDE ISWADI IDRIS
Editor : SRI NURGANINGSIH
Senin, 6 Februari 2023 16:04 WIB
Peringatan World Data Privacy Day 2023 GoTo bekerja sama dengan GLND Siberkasi di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/2). (Foto: Dede Iswadi Idris/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai wujud nyata melindungi data pribadi, khususnya para mitra usaha. Grup GoTo atau PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk terus mengupayakan peningkatan literasi digital bagi masyarakat kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terkait pelindungan data pribadi.

Komitmen berkelanjutan ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara GoTo dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Kerja sama yang telah berlangsung sejak 2020 ini diharapkan dapat meningkatkan literasi digital jutaan mitra usaha GoTo yang terdapat di berbagai kota di Indonesia.

Baca juga : BSI Gandeng PBNU Tingkatkan Literasi Produk Emas

SVP Group Head of Data Protection and Privacy Officer (DPPO) GoTo, Leny Suwardi mengatakan, pentingnya pemahaman UMKM terhadap keamanan data pribadi. Kata Leny, pemahaman terhadap keamanan data merupakan bagian dari literasi digital yang krusial.

"Menciptakan ekosistem digital yang benar-benar aman membutuhkan kerja sama berbagai pihak: teknologi yang mumpuni, regulasi yang memadai, serta pengguna teknologi yang mengerti cara menjaga data dan privasi," ujarnya saat konferensi pers Peringatan World Data Privacy Day 2023 bersama GoTo di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/2).

Leny menyebutkan, GoTo sudah memulai kampanye perlindungan data pribadi sejak setahun lalu. Sebelum Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP) disahkan pada Oktober 2022.

Baca juga : Gandeng APJII, MettaDC Komit Genjot Kapasitas Infrastruktur Digital

Pemahaman UMKM terhadap pentingnya perlindungan data pribadi, lanjut dia, akan membuat ekosistem digital semakin aman dan dipercaya konsumen.

"Kami berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam peningkatan literasi digital bagi Indonesia," ujarnya.

GoTo kembali menggandeng Siberkreasi untuk melakukan serangkaian kegiatan informatif seputar UU PDP bagi UMKM.

Baca juga : Gempa M6,2 Guncang Aceh Singkil, Getaran Terasa Hingga Skala V

Ketua Siberkreasi Donny Budhi Utoyo mengatakan, awal 2021, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah Menyusun Peta Jalan Literasi Digital 2021-2024 yang menggunakan sejumlah referensi global dan nasional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense