BREAKING NEWS
 

Gandeng GLND Siberkreasi, GoTo Genjot Pemahaman Literasi Digital Mitra Usaha

Reporter : DEDE ISWADI IDRIS
Editor : SRI NURGANINGSIH
Senin, 6 Februari 2023 16:04 WIB
Peringatan World Data Privacy Day 2023 GoTo bekerja sama dengan GLND Siberkasi di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/2). (Foto: Dede Iswadi Idris/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
"Dalam Peta Jalan ini dirumuskan 4 kerangka literasi digital untuk penyusunan kurikulum..Yakni, Digital Skills, Digital Safety, Digital Ethics, dan Digital Culture," kata dia.

Adsense

Penandatanganan nota kesepahaman GoTo dan Siberkreasi ini disaksikan dan diapresiasi Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan.

Menurut Samuel, sebagai pelaku usaha informal, UMKM sering menjadi target berbagai upaya kejahatan digital yang riskan bagi keberlangsungan bisnis.

"Sebagai mitra strategis, perusahaan digital seperti GoTo bisa jadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain dalam tata kelola data pribadi sesuai dengan perundang-undangan," ujar Samuel.

Baca juga : BSI Gandeng PBNU Tingkatkan Literasi Produk Emas

Inisiatif GoTo dalam Perlindungan Data Pribadi tidak hanya dari sisi kepatuhan dan teknologi. GoTo juga telah melakukan berbagai inisiatif untuk meningkatkan standar pelindungan data secara menyeluruh bagi perusahaan, pengguna, karyawan, dan seluruh mitra ekosistem.

Tiap unit usaha GoTo memiliki standar keamanan terbaik di industri. Contohnya, perolehan sertifikasi ISO 27001 untuk manajemen keamanan informasi, ISO 27701 untuk sistem manajemen informasi privasi, dan PCI DSS untuk standar keamanan data industri kartu pembayaran,

Pembentukan pejabat dan tim khusus yang menjalankan fungsi perlindungan data pribadi (Data Protection Officer) sesuai amanat UU PDP dengan sistem dan proses yang setara dengan best practice global, Membangun teknologi pengamanan kelas dunia dengan digawangi oleh talenta-talenta digital terbaik.

Kampanye keamanan data pribadi seperti Program #JAGA dari Gojek dan GoTo Financial, khususnya ke pengguna aplikasi dan juga UMKM.

Baca juga : Gandeng APJII, MettaDC Komit Genjot Kapasitas Infrastruktur Digital

Pembuatan modul pembelajaran literasi digital oleh Tokopedia untuk melindungi data pribadi pengguna marketplace, dengan menggandeng Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada, dan Pelatihan internal terkait keamanan data bagi karyawan GoTo, Gojek, GoTo Financial dan Tokopedia saat onboarding karyawan baru dan juga secara berkala.

Sebelumnya, GoTo dan Siberkreasi telah menjalin kerja sama strategis pada November 2020 untuk literasi digital bagi UMKM melalui kampanye #JAGA bagi mitra Gojek dan GoTo Financial. Kerja sama tersebut telah menjangkau lebih dari 300.000 anggota masyarakat dan mendorong pengurangan Account Take Over (ATO) sebanyak 96 persen di periode Januari 2020-April 2021.

Data internal Gojek pada 2021 juga menunjukan sebanyak 95 persen mitra usaha telah mengetahui dan mengerti penerapan tips #JAGA untuk menjaga keamanan digital, dan mendorong 94 persen mitra lebih percaya diri untuk menjalankan usaha bersama ekosistem Gojek.

Melalui kampanye JAGA, GoTo Financial juga berhasil mengurangi 82,73 persen jumlah kasus penipuan terhadap mitra usaha GoTo pada periode Januari-Desember 2022.

Baca juga : Gempa M6,2 Guncang Aceh Singkil, Getaran Terasa Hingga Skala V

Pada Oktober 2022, kolaborasi juga telah terjalin antara Kominfo, Siberkreasi dan Tokopedia melalui peluncuran Pelatihan UMKM Digital Cemerlang Melaju Bersama Kementerian Kominfo. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense