BREAKING NEWS
 

Kurangi Sampah Masyarakat, APP Sinar Mas Gandeng Bank Sampah Digital

Reporter & Editor :
ADITYA NUGROHO
Selasa, 28 Februari 2023 21:59 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya mengunjungi booth APP Sinar Mas. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam upaya mendukung program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk mengurangi sampah di masyarakat, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menggandeng Bank Sampah Digital untuk kelola sampah dari masyarakat menjadi produk daur ulang bernilai tambah.

"Melalui kerja sama ini Bank Sampah Digital dapat menjual langsung bahan baku waste paper seperti kardus maupun kertas bekas dari masyarakat yang kami kumpulkan ke pabrik APP Sinar Mas di Serang, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) Serang," ungkap CEO Bank Sampah Digital Desty Eka Putri Sari di sela acara Festival Musik, dan Pameran Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang berlangsung di Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Selasa (28/2).

Desty menambahkan, bahwa saat ini telah membina lebih dari 3.900 nasabah Bank Sampah, mayoritas merupakan kalangan ibu rumah tangga yang berdomisili di kota dan Kabupaten Serang, serta Kota Cilegon Provinsi Banten.

Baca juga : Jelang Ramadan, Sinar Mas Gelar Bazar Migor Di Serang

"Kerja sama kami dengan APP Sinar Mas baru berjalan 3 bulan, namun saat ini kami telah menyuplai 5 kali dengan total lebih dari 10 ton karton maupun kertas bekas ke PT IKPP Serang. Kami yakin dengan upaya pemberdayaan dan kolaborasi yang kuat, kedepan kami targetkan untuk dapat menyuplai lebih dari 50 ton sampai dengan akhir tahun 2023," terang Desty.

Adsense

Menteri LHK Siti Nurbaya dalam sambutan di puncak acara HPSN 2023 mengatakan bahwa, Kementerian LHK terus melakukan upaya-upaya inovatif serta terintegrasi dari hulu ke hilir sebagai prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan melalui cara kerja ekonomi sirkular dan sampah menjadi sumber energi dengan mengoptimalkan seluruh rantai nilai pengelolaan sampah.

Lebih lanjut, Siti mengatakan, pengelolaan sampah bukan hanya mengurangi dan meminimalkan dampaknya, tetapi juga mempertimbangkan aspek kesehatan masyarakat serta memposisikan sampah sebagai sumber daya untuk ketersediaan bahan baku, efisiensi penggunaan sumber daya, dan sebagai sumber ekonomi masyarakat.

Baca juga : Atasi Persoalan Sampah, KLHK Ajak Masyarakat Bikin Kompos Mandiri

Kegiatan pengelolaan sampah rumah tangga jika dikelola dengan baik dapat memiliki nilai ekonomi yang potensial. Seperti pemilihan jenis sampah kertas yang ternyata memiliki nilai jual ke perusahaan sebagai bahan baku industri.

"Melalui kerja sama ini kami harapkan dapat mengurangi dampak terhadap lingkungan, khususnya permasalahan sampah di masyarakat, serta turut berkontribusi terhadap ekonomi sirkular di sekitar pabrik," ungkap Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata di tempat terpisah.

Suhendra menambahkan, kedepannya kolaborasi yang telah dilakukan antara PT IKPP Serang dengan Bank Sampah Digital akan diadopsi ke pabrik-pabrik operasional APP Sinar Mas lainnya. "Program pengelolaan bank sampah  berbasis pemberdayaan masyarakat seperti ini merupakan salah satu solusi dalam pengurangan sampah di masyarakat, peningkatan ekonomi masyarakat, dan pemenuhan bahan baku industri," terang Suhendra.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense