BREAKING NEWS
 

FinanceAsia Awards 2023

Sunarso Raih The Best CEO, BRI Borong 9 Penghargaan Internasional

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Rabu, 28 Juni 2023 20:12 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso dinobatkan sebagai The Best CEO dalam acara FinanceAsia Awards 2023 di Hong Kong, Rabu (28/6). (Foto: Humas BRI)

 Sebelumnya 
Di samping pertumbuhan bisnis dan profitabilitas yang kuat, BRI juga terus menunjukkan komitmennya sebagai perusahaan terdepan dalam penerapan Environment, Social, Governance (ESG) di Indonesia.

Hingga akhir Kuartal I 2023, sebanyak 66,7 persen dari total kredit BRI atau senilai Rp 710,9 triliun merupakan portofolio kredit yang berkelanjutan.

Sebagai front-runner on sustainable bank di Indonesia, portfolio sustainable finance tersebut menjadi yang terbesar di Indonesia.

Komitmen BRI dalam mengimplementasikan ESG tersebut ditunjukkan, dengan terus meningkatnya skor BRI pada Sustainability Yearbook Member S&P Global Corporate Sustainability Assessment (CSA), dari angka 46 di tahun 2020 menjadi 52 (2021) dan 63 (2022), dalam skala 1-100.

Dalam pengukuran ESG Risk Rating, agensi Sustainalytics mencatat, BRI mempunyai risiko yang semakin rendah.

Dari skor 30,0 atau level tinggi pada 2020 menjadi level medium, dengan skor 21,5 pada 2021. Lalu, kembali turun ke angka 18,8 pada 2022.

Baca juga : Keren, Singkirkan 500 Nominasi, KPI Sabet 4 Penghargaan Di Tingkat Internasional

Selain itu, MSCI juga memberikan peringkat BRI ke peringkat A pada 2022. Pada tahun yang sama, BRI juga mendapat Corporate Governance Perception Index (CGPI) dengan skor keseluruhan 95,18. Meningkat dari 95,10 di tahun 2021.

BRI menduduki peringkat tertinggi sebagai perusahaan dengan penilaian ESG yang baik di antara perbankan lainnya, sejak Maret 2021 versi IDX ESG Leaders.

BRI juga mampu mempertahankan Top 3 Public Listed Companies di Indonesia dan ASEAN Asset Class, selama tiga tahun berturut-turut versi ASEAN Corporate Governance.

Kinerja Saham

Keberhasilan BRI mencatatkan kinerja cemerlang, serta komitmen dalam penerapan ESG tersebut berdampak positif terhadap kinerja saham BBRI.

Saat ini, BBRI merupakan saham perusahaan BUMN dengan kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kedua terbesar dari seluruh perusahaan publik di Indonesia, dengan kapitalisasi pasar mencapai Rp 818,42 triliun pada penutupan bursa 23 Juni 2023.

Baca juga : Taman Safari Indonesia Raih Penghargaan Internasional dari MATFA

Pertumbuhan kapitalisasi pasar tersebut didorong kenaikan harga saham BBRI pada tahun ini (year to date) sebesar 9,31 persen menjadi Rp 5.400 per lembar saham.

Atas pencapaian tersebut, Sunarso mendedikasikan penghargaan ini kepada seluruh pekerja BRI (Insan BRILiaN), serta seluruh nasabah BRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Saya dedikasikan penghargaan ini kepada Insan BRILiaN, yang telah memberikan kontribusi terbaiknya kepada BRI dan untuk Indonesia," kata Sunarso.

“Penghargaan ini juga saya persembahkan untuk seluruh nasabah BRI, utamanya pelaku UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia," imbuhnya.

Sunarso yakin, pencapaian ini akan memotivasi BRI untuk terus men-deliver economic value serta social value kepada seluruh stakeholders di Indonesia.

Baca juga : Komit Jaga Lingkungan Kerja Aman, PKT Borong 3 Penghargaan Dari Pemprov Kaltim

FinanceAsia merupakan majalah ekonomi dan keuangan terkemuka di Asia Pasifik yang berbasis di Hong Kong.

Media yang didirikan pada tahun 1996 itu, memberikan ulasan mendalam mengenai perkembangan ekonomi di wilayah Asia Pasifik. Termasuk, aksi-aksi korporasi seperti merger dan akuisisi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense