BREAKING NEWS
 

BI: Penjualan Eceran Agustus Tumbuh Melambat

Reporter & Editor :
ADITYA NUGROHO
Rabu, 9 Oktober 2019 12:50 WIB
Gedung Bank Indonesia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjualan eceran pada Agustus 2019 tumbuh melambat. Hal ini terlihat dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Agustus 2019 yang tumbuh 1,1 persen (year on year/yoy). Jumlah itu lebih rendah dibandingkan dengan IPR Juli 2019 sebesar 2,4 persen (yoy).

Kinerja penjualan eceran tersebut ditopang oleh kelompok Suku Cadang dan Aksesori yang tumbuh tinggi, serta kelompok komoditas Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya yang tumbuh meningkat, antara lain barang elektronik selain audio/video dan perabot rumah tangga. Penjualan eceran diprakirakan tumbuh meningkat pada September 2019.

Adsense

Baca juga : Penggalang Dana Demo, Ananda Badudu Dibebaskan

“Hal itu terindikasi dari IPR September 2019 yang diprakirakan tumbuh sebesar 2,1 persen (yoy),” tulis BI dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/10).

Bank sentral mencatat peningkatan tersebut bersumber dari meningkatnya pertumbuhan penjualan kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya dan kelompok Makanan, Minuman & Tembakau, serta tetap tingginya pertumbuhan penjualan kelompok Suku Cadang dan Aksesori.

Baca juga : Mau Dimakzulkan Demokrat, Trump Gelagapan

Menurut BI, hasil survei juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga di tingkat pedagang eceran dalam enam bulan mendatang (Februari 2020) diprakirakan akan menurun. Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 6 bulan yang akan datang sebesar 168,2, lebih rendah dibandingkan IEH pada bulan sebelumnya sebesar 174,7. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense