BREAKING NEWS
 

Mandiri Salurkan Bansos Ke 1,7 Juta Keluarga

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : ADITYA NUGROHO
Rabu, 15 April 2020 12:55 WIB
Bank Mandiri. (Foto: net)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri Tbk menyalurkan bansos Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp 200 ribu per bulan kepada sekitar 1,7 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bantuan disalurkan selama masa penanganan corona, April-Desember 2020.

Bantuan ini dalam upaya mendukung Kementerian Sosial (Kemensos) dalam melindungi masyarakat lapisan bawah dari dampak pandemi corona. Bantuan ini juga untuk memperkuat jaring pengaman sosial bagi masyarakat lapisan bawah melalui peningkatan bansos secara nominal maupun frekuensi. Sebelumnya bansos PKH hanya diberikan sebanyak 4 kali setahun.

Baca juga : MPR Minta Pemerintah Segera Salurkan Bantuan ke Rakyat

Bank Mandiri telah terlibat dalam penyaluran bansos sejak 2017. Setiap tahun, Bank Mandiri telah menyalurkan Rp 11 triliun program PKH kepada 1,7 juta KPM, serta bantuan sekitar Rp 5 triliun program Sembako kepada 2,3 juta KPM.

Adsense

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri, Donsuwan Simatupang mengatakan, siap bersinergi dengan Kemensos, Pemda, serta pendamping program PKH dan program Sembako di seluruh Indonesia. Bantuan ini melibatkan 16.136 agen Bank Mandiri serta agen bank Himbara lain di seluruh Indonesia. 

Baca juga : Baznas Salurkan Bantuan Kepada Muslim Dan Non Muslim

"Proses pencairan bansos akan dilakukan secara non-tunai melalui ATM maupun agen bank agar program ini dapat berlangsung secara efisien, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat administrasi," ujarnya di Jakarta, Rabu (15/4).  

Dia mengatakan, menindaklanjuti arahan Kemensos terkait penambahan jumlah penerima bansos sebanyak 4,8 juta KPM untuk membantu masyarakat yang pendapatannya menurun akibat corona, pihaknya dan Himbara tengah melakukan persiapan berupa pendataan dan pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Di mana KPM penerima bansos dari Bank Mandiri akan bertambah sebanyak 640 ribu.

Baca juga : Jangan Biarkan Corona Meluas

Sebagai upaya mempersiapkan penyaluran bansos di tengah wabah corona, Bank Mandiri tetap menjaga dan melakukan monitor kesehatan setiap pegawai, serta melakukan berbagai upaya untuk dapat meminimalisir dan mencegah penyebaran virus corona.

Tak hanya itu, dia juga mengingatkan penerima bansos untuk menggunakan masker saat mengambil bantuan, membawa hand sanitizer, menerapkan physical distancing, dan memberikan arahan agar segera pulang setelah menerima bantuan, serta langsung mandi saat baru pulang dari pengambilan bansos. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense