BREAKING NEWS
 

Festival Filantropi Indonesia

Sinar Mas Genjot Potensi Warga Setempat

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Jumat, 16 November 2018 21:38 WIB
Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin, bersama sejumlah produk filantropi. (Foto: IG@salehhusin63)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sinar Mas berhasil membuktikan diri tak semata perusahaan komersil belaka. Lebih dari itu, Sinar Mas memiliki kepedulian terhadap masyarakat setempat dengan berbagai aktivitas filantropi. Landasan semangatnya adalah mencoba menjaring potensi setempat, meningkatkan nilai tambah, dan menjadikannya aktivitas yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. "Kehadiran pilar bisnis Pilar Mas di sini, bukan sekadar menunjukkan program yang kami miliki dan laksanakan. Terpenting, kami mendapatkan perspektif serta ide terkini mengenai filantropi dari semua partisipan yang hadir," kata Managing Director Sinar Mas Saleh Husin, usai Festival Filantropi Indonesia (FIFEST) dibuka Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di JCC, Kamis (15/11). 

Dalam festival tersebut, anjungan Sinar Mas menampilkan ragam inisiatif sosial serta program filantropi dari sejumlah pilar bisnis yang berlangsung di berbagai lokasi. Asuransi Sinar Mas melalui Rumah Kreatif Sinar Mas membawa kain Humbang Shibori, produk kriya kaum perempuan di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Produk kriya tersebut yang telah mendapatkan pendampingan, agar dapat memproduksi tenun ikat dengan konsep eco fashion,  menggunakan bahan organik sehingga seluruh limbahnya terdaur ulang secara alamiah.

Adsense

Baca juga : Seniman Indonesia Tampil Dalam Pameran Seni Australia

Para pengunjung juga disuguhi kopi arabika dari kebun para petani asal Desa Sirisiri, Kecamatan Dolok Sanggul yang bernaung dalam Gabungan Kelompok Tani Mutiara Kasih, dan mendapatkan pelatihan dari Asuransi Sinar Mas bersama pemerintah daerah setempat serta  Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI). Melalui praktek agribisnis terbaik, mereka diharapkan dapat meningkatkan kualitas, produktivitas, sekaligus berinovasi dalam ragam produk.

Asia Pulp & Paper Sinar Mas menyajikan aneka produk panganan yang dihasilkan kaum perempuan di Kabupaten Perawang, Riau dan Tanjung Jabung Barat, Jambi, berupa kripik tempe, krupuk udang dan krupuk ikan. Pendampingan di Riau melibatkan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, sementara di Jambi oleh PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry. Program Desa Makmur Peduli Api di Jambi menampilkan ragam produk olahan dari jahe merah, yang dibudidayakan Kelompok Wanita Mekar Wangi. Sudah barang tentu, tampil pula produk kriya bernilai tambah dengan bahan baku kertas, tepatnya kertas bekas yang diolah dengan konsep reuse, reduce and recycle. Mereka adalah binaan dari PT Indah Kiat Pulp & Paper, Tangerang Mill.

Baca juga : Heningkan Cipta Saat Resepsi Nordic Night

Sinar Mas Land yang hadir melalui BSD City mengajak para aktivis Rumah Pintar BSD City menampilkan program pendidikan nonformal berbasis komunitas, dalam hal ini di bidang seni dan budaya, serta pemberdayaan kaum difabel. Di antaranya, melalui inisiatif Pelatihan Bahasa Isyarat Indonesia bagi kelompok masyarakat tuli yang dilaksanakan bersama Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia.

Sementara PT Berau Coal yang bernaung di dalam Sinar Mas Energy & Infrastucture, hadir dengan program pengembangan industri hulu hingga hilir kakao di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, yang saat ini telah menjangkau lebih dari 350 petani setempat. Produktivitas, kualitas, dan juga memabiknya harga, membuat budidaya komoditas ini kembali bergairah di sana. “Kami upayakan, inisiatif yang ada dapat menjangkau masyarakat sekitar, termasuk kaum perempuan dan difabel. Memberikan alternatif yang lebih beragam guna meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka, berbasiskan budaya, kekayaan dan kekhasan setempat,” ungkap Saleh. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense