BREAKING NEWS
 

Naik 73 Persen

Tarif Murah Dongkrak Kinerja Angkutan Barang Rail Express

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Kamis, 23 Juli 2020 22:55 WIB
Pelanggan menyerahkan paket di loket pelayanan ail Express. (Foto: Dok. KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rail Express, layanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI untuk jasa angkutan retail station to station dengan harga terjangkau, semakin diminati masyarakat. Pada periode Juni 2020, KAI telah melayani 10.581 ton barang retail, naik 73 persen dibanding Mei 2020 sebesar 6.103 ton.

“Kami sangat mengapresiasi pelanggan KAI yang telah mempercayakan pengiriman barangnya melalui Rail Express. Kami akan terus meningkatkan layanan Rail Express yang murah, cepat, aman,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangannya, Kamis (23/7).

Tarif murah menjadi salah satu keunggulan Rail Express. Misalnya, untuk rute Jakarta ke Bandung tarifnya hanya Rp 600 per kg, Jakarta ke Surabaya cuma Rp 1.500 per kilogram, dan Jakarta ke Malang cuma Rp 1.700 per kilogram. Tarif yang dikenakan adalah minimal 5 kilogram, kecuali untuk angkutan motor dihitung berdasarkan kapasitas CC.

"Meski murah, KAI tetap menjamin keamanan barang dan selalu memberikan pelayanan yang maksimal,” kata Joni.

Layanan Rail Express mencakup hampir semua jenis barang retail. Di antaranya paket, sepeda motor, produk UMKM, e-commerce, bahan pangan, dan lainnya.

Baca juga : Lapak Asik Dongkrak Kinerja BP Jamsostek

Pelanggan cukup menyerahkan barang ke loket Rail Express di stasiun dan mengambilnya di loket Rail Express stasiun tujuan. Layanan Rail Express tersedia di 60 stasiun di Pulau Jawa.

Khusus untuk bahan pangan, Rail Express melayani pengiriman bahan pokok, biji-bijian, buah, hewani, makanan olahan, rempah-rempah, sayur, susu, dan telur.

Di bulan Juni, angkutan pangan yang dilayani sebanyak 693 ton, meningkat 49 persen dibanding Mei sebanyak 464 ton.

Adsense

“Rail Express membuka kesempatan seluas-luasnya kepada para pelanggan KAI untuk mengirim berbagai jenis komoditi termasuk hortikultura seperti mangga, jeruk, jamur, bawang, dan sebagainya ke berbagai tujuan,” tambah Joni.

Bahan pangan favorit masyarakat yang dikirim melalui Rail Express pada Juni lalu, di antaranya adalah tahu susu sebanyak 327 ton dari wilayah Kertosono, Nganjuk, dan Jombang dengan tujuan DKI Jakarta.

Baca juga : Kaum Muda Perempuan Harus Siap Raih Tongkat Pimpinan Bangsa

Juga ada kebab sebanyak 48 ton, dari daerah pengiriman Surabaya menuju Jakarta. Lalu, makanan kemasan sebanyak 47 ton dari dan menuju berbagai wilayah. 

Pelanggan tak perlu khawatir mempercayakan pengiriman barang melalui Rail Express. Sebab, KAI senantiasa menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Di loket pelayanan Rail Express, KAI menerapkan social distancing, menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer, petugas wajib menggunakan masker dan rutin diperiksa kesehatannya.

Di samping itu, petugas tetap melakukan pemeriksaan barang dan menjaga kebersihan sarana angkutan.

Rail Express merupakan bagian dari peningkatan layanan angkutan barang KAI, di tengah belum maksimalnya kinerja angkutan penumpang di masa pandemi Covid-19.

Baca juga : Semoga Kinerja KAI Segera Kinclong Lagi

"Layanan Rail Express ini, diharapkan dapat membantu urusan pengiriman logistik masyarakat di masa adaptasi kebiasaan baru dengan murah, cepat, dan aman,” tutup Joni.

Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan Rail Express, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di (021) 121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. [USU]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense