BREAKING NEWS
 

Hasil Survei Blackbox, Gojek Aplikasi Paling Digemari Konsumen

Reporter & Editor :
ADITYA NUGROHO
Jumat, 25 September 2020 13:04 WIB
Kantor Gojek. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aplikasi superapps buatan PT Aplikasi Anak Bangsa, Gojek muncul sebagai satu-satunya perusahaan besutan anak bangsa yang dinilai tidak hanya berjasa mendukung ketahanan ekonomi nasional selama pandemi Corona, namun juga terbukti dicintai konsumen.

Hal tersebut merupakan hasil survei dari lembaga survei Singapura, Blackbox bersama Toluna yang bertajuk “Into The Light: Understanding What Has Changed for Consumers During Covid 19” yang dirilis baru-baru ini. 

Menurut survei tersebut terdapat perubahan yang signifikan pada perilaku konsumen dalam beberapa bulan ini akibat pandemi. Konsumen cenderung melakukan belanja secara online dan penggunaan aplikasi berbasis digital. 

Baca juga : Erwin Aksa Ganti Konsultan Politik Appi-Rahman

Sementara itu, kecintaan konsumen terhadap brand lokal, seperti Gojek, semakin menguat selama pandemi, di mana 8 dari 10 responden yang disurvei di Indonesia (91 persen) mengaku akan lebih memilih menggunakan brand asli Indonesia daripada brand asing. 

Adsense

Gojek dalam studi itu muncul sebagai brand lokal yang paling digemari di Indonesia karena paling membantu konsumen, memberi solusi bagi kebutuhan konsumen, dan proaktif dalam melakukan insiatif positif selama krisis pandemi Covid-19. Dalam hal brand terfavorit di Indonesia, brand Gojek difavoritkan bersama Google dan Unilever.

Menurut survei tersebut asal negara menjadi salah satu tren konsumsi yang berpotensi berubah di saat pandemi Covid-19. Para pebisnis harus mengerti hal ini bahwa dengan posisi ASEAN sebagai hub bagi lalu-lintas perdagangan regional maupun internasional, maka perubahan preferensi konsumen sangat penting untuk dipahami.

Baca juga : Hasil Survei RISED, Sistem Gojek Lebih Aman Dan Adil

“Apalagi, dengan adanya pandemi ini, akan terjadi penguatan pilihan konsumen terhadap brand lokal dan regional daripada brand internasional, yang berarti munculnya nasionalisme. Hal ini akan menguntungkan brand lokal untuk mendorong pemasaran dan produknya,” tulis survei yang melibatkan 4.780 responden di  Singapura, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Menurut Yashan Cama, International Commercial Director of Blackbox Research, dukungan bagi brand Gojek sebagain besar dikarenakan pemakaian berbagai layanan yang tercakup dalam ekosistem Gojek maupun mitranya sangat umum di Indonesia. Selain itu, lanjutnya, sentimen terhadap brand Gojek sangat positif, sebagaimana ditunjukkan oleh Gojek melalui didirikannya Gojek Partner Support Fund untuk mendukung ketahanan ekonomi selama masa pandemi.

“Gojek adalah contoh nyata bagaimana rasa nasionalisme itu menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam pemilihan brand oleh konsumen. Konsumen mulai berpikir untuk mendukung kemajuan perekonomian negaranya dan hal itu ditunjukkan dari brand yang dipilihnya dalam berbelanja,” ujar Yashan.  

Baca juga : Hasil Survei RISED, Sistem Kemitraan Di Ojol Adil

Untuk itu, lanjut dia, perusahaan asing yang ingin berkompetisi di ranah lokal, mereka perlu mengkaji portofolio brand mereka dan sungguh-sungguh mempertimbangkan bagaimana mereka dapat melokalisasi brand mereka, ini agar dapat mewakili nilai-nilai yang paling diapreasiasi oleh konsumen Indonesia. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense