Dark/Light Mode

Hasil Survei LSI, Petahana Olly Dondokambey Sulit Dikalahkan Di Pilgub Sulut

Minggu, 9 Agustus 2020 15:46 WIB
Peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman
Peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei LSI Denny JA merilis hasil survei prediksi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Sulawesi Utara (Sulut). Dari hasil survei menunjukkan, kubu petahana Olly Dondokambey diapresiasi positif dengan elektabilitas di atas 60 persen.

Olly diprediksi sulit dikalahkan pada Pilgub Sulut yang akan berlangsung lima bulan mendatang karena memiliki atribusi program dan capaian kinerja yang telah dilakukan saat menjabat Gubernur.

"Olly Dondokambey, diapresiasi positif dengan elektabilitas perkasa diatas 60 persen. Sedangkan barisan para penantang suaranya di bawah 10 persen,” kata peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman dalam keterangan tertulis, kemarin.

Baca juga : Pertumbuhan Kredit Triwulan II Minus 33,9 Persen

Diterangkan Ikrama lebih rinci, survei LSI dilakukan April 2020 dengan menggunakan 800 responden, mengangkat tema ‘5 Bulan Jelang Pilkada Sulut, Kekuatan Petahana dan Peluang Penantang’.

Survei dilakukan dengan sample di seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Utara, menggunakan metode multistage random sampling. Sedangkan wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini 3,5 persen.

Ikrama menjelaskan, dari hasi survei terlihat Olly Dondokambey (OD) didukung sebesar 62 persen, sementara penantangnya Christiany Eugenia Paruntu atau Tetty Paruntu didukung 9,3 persen suara, Elly E Lasut (E2L) didukung 6,7 persen suara, G.S Vicky Lumentut (GSVL) didukung 4,5 persen suara.

Baca juga : Corona Bikin Elektabilitas Parpol Papan Atas Melorot

Sementara Vonny A Panammbunan (VAP) didukung 3,3 persen suara, dan Stefanus Vreeke Runtu (SVR) didukung 0,3 persen, sedangkan yang belum menentukan pilihan sebesar 13,9 persen suara.

“Sementara pemilih militan atau strong supporters, di kubu petahana meraih suara di atas 45 persen, disusul Christiany Eugenia Paruntu atau Tetty Paruntu (6,2 persen), Elly E Lasut (5,3 persen), GS Vicky Lumentu (2,5 persen), Vonny A Panammbunan (2 persen), sedangkan mereka yang belum menentukan pilihan sebanyak 37 persen,” ujarnya menambahkan.

Tingkat elektabilitas petahana yang sangat kokoh, kata Ikrama, dipengaruhi tingkat kepuasan terhadap petahana yang di atas 80 persen.

Baca juga : Hasil Survei Steam, Internet Moratelindo Paling Ngebut

Alasan lain kenapa elektabilitas petahana kokoh, yaitu tingkat popularitas atau pengenalan yang tertinggi juga tingkat kesukaan yang tinggi, Olly Dondokambey (OD) dikenal oleh 90,5 persen dan disukai sebesar 91,4 persen. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.