BREAKING NEWS
 

Serangan Cyber Terorganisir

Awas, Industri Keuangan Rawan Rugi Ribuan Triliun

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : ESTI FITRIA WULANDARI
Minggu, 4 Oktober 2020 05:44 WIB

 Sebelumnya 
Bahkan, lanjutnya jika ponsel hilang pun, aplikasi keuangan bisa lebih aman. Sebab, jika bukan si pemilik, maka orang lain tidak akan bisa mengakses walaupun sudah dapat SMS One Time Password (OTP).

“Fitur biometrik itu semakin positif. Sebab, transaksi keuangan non-tunai, termasuk mobile banking akan terus meningkat,” ujarnya. Sementara dari aspek keamanan Information Technology (IT),

Adityo menerangkan, ada dua perspektif yang muncul dari penggunaan biometrik. Pertama, memiliki unsur convenience (kenyamanan) dan kedua security (keamanan) yang lebih baik.

Baca juga : 12 Perusahaan Siap Investasi Di Indonesia, Nilainya Capai Rp 1.048 Triliun

Dia melihat, selama ini fitur keamanan transaksi non-tunai masih mengandalkan pengaman jadul yaitu Personal Identification Number (PIN).

Menurutnya, kehadiran biometric patut diterapkan untuk memperkuat fitur keamanan yang sudah ada.

“Jadi, pengguna tidak perlu lagi mengingat username atau password. Cukup validasi transaksi sidik jari atau verifikasi wajah,” tuturnya.

Baca juga : Bertahan Saat Pandemi, Mandiri Syariah Andalkan Layanan Digital

Tingkatkan Keamanan

Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Indra Utoyo menilai, saat ini masyarakat semakin sadar dan akan terus mengandalkan transaksi berbasis digital di era new normal. Menurutnya, BRI telah memasang sistem keamanan untuk para nasabahnya.

“Namun untuk keamanan, nasabah juga harus memasang pagar untuk dirinya sendiri saat bertransaksi,” ucapnya.

Baca juga : Serapan Upah Program Padat Kemenhub Capai Rp 63 Miliar

Dia mengingatkan nasabah dilarang memberikan OTP ini kepada siapapun, termasuk petugas bank. Karena itu, adalah benteng yang ada, supaya bisa menjaga tidak sampai kena penipuan atau fraud.

Untuk mencegah kejahatan, Indra mengungkapkan, pihaknya selalu memberikan edukasi ke nasabahnya dan terus melakukan sosialisasi.

“Selalu jaga kerahasiaan informasi yang sifatnya pribadi. PIN, username, itukan benteng-benteng yang saya sampaikan,” pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense