BREAKING NEWS
 

Hubungan Dagang Indonesia-Jepang

Menteri Teten : Genjot Produk UMKM Unggulan Ke Jepang

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Sabtu, 23 Januari 2021 16:57 WIB
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. (Foto: Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jepang menjadi mitra penting dalam perdagangan internasional dengan Indonesia. Hubungan diplomatik sudah terjalin sejak penghujung era 1950-an. Indonesia selalu mengalami surplus dalam perdagangan dengan Jepang.

Jepang adalah negara kedua mitra dagang terbesar Indonedia setelah China dengan pangsa pasar ekspor dari Indonesia sekitar 10 persen.

Baca juga : Bandara Soekarno-Hatta Tertib, Proses Karantina Lancar

Dalam kondisi penurunan potensi ekspor saat ini, khususnya akibat adanya pandemi, diperlukan terobosan-terobosan agar ekspor produk-produk Indonesia tidak hanya dipertahankan, namun bisa terus ditingkatkan.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan, dari data Atase Perdagangan Indonesia di Tokyo 2020, potensi ekspor produk Indonesia ke Jepang selama ini berupa produk pangan olahan, hortikultura/pertanian, spare part otomotif, furnitur, dan energi terbarukan.

Baca juga : Rusia Dan Indonesia Makin Mesra Di Tengah Pandemi

“Peluang inilah ingin kita ambil agar dimanfaatkan para pelaku UMKM di Tanah Air,” ujarnya dalam keterangan resminya, saat mengikuti webinar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Jepang, Sabtu (23/1).

Ia mengaku optimistis, forum webinar yang diselenggarakan KBRI dan PPI Jepang dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM di Indonesia untuk belajar hingga meningkatkan daya saing produknya, sehingga dapat segera masuk ke pasar Jepang maupun negara lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense