BREAKING NEWS
 

Cadangan Devisa Juni Tembus Rp 1.983,9 T

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : ADITYA NUGROHO
Rabu, 7 Juli 2021 11:03 WIB
Rupiah dan dolar. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada akhir Juni 2021 sebesar 137,1 miliar dolar AS atau Rp 1.983,9 triliun. Jumlah ini meningkat dibandingkan posisi akhir Mei 2021 sebesar 136,4 miliar dolar AS atau Rp 1.976,4 triliun.

Bank Indonesia (BI) menyebut, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 9,2 bulan impor atau 8,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor. 

Adsense

Baca juga : Pandemi, Perdagangan RI Dengan Swiss Untung Rp 9,06 Triliun

“BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi, Erwin Haryono, Rabu (7/7).

Peningkatan posisi cadangan devisa pada Juni 2021 antara lain dipengaruhi oleh penerbitan Sukuk Global Pemerintah serta penerimaan pajak dan jasa. 

Baca juga : Neraca Perdagangan Surplus Rp 33 Triliun

Ke depan, BI juga memandang cadangan devisa tetap memadai dan akan menjadi faktor penting bagi ketahanan eksternal ekonomi nasional. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense