Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pandemi, Perdagangan RI Dengan Swiss Untung Rp 9,06 Triliun

Rabu, 30 Juni 2021 07:47 WIB
Dubes RI untuk Swiss dan Liechstentein, Muliaman D Hadad
Dubes RI untuk Swiss dan Liechstentein, Muliaman D Hadad

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski situasi perekonomian global masih belum pulih karena dampak pandemi, Indonesia berhasil mencatat surplus perdagangan dengan Swiss. 

Sepanjang Januari-Mei 2021, kinerja perdagangan dengan Swiss mengalami surplus US$ 623 juta atau setara Rp 9,06 triliun

Kinerja perdagangan Indonesia mengalami penguatan dan menunjukkan surplus di bulan Mei 2021, setelah pada bulan bulan sebelumnya sempat menurun. 

Berdasarkan data Swiss Federal Customs Administration/FCA, total nilai ekspor Indonesia ke Swiss pada periode Januari-Mei 2021 yaitu sebesar USD 782 juta. Sementara nilai impor Indonesia dari Swiss sebesar USD 159 juta USD. 

Dengan demikian, perdagangan RI -Swiss mencapai surplus bagi Indonesia sebesar USD 623 juta selama kurun waktu 5 bulan pertama di tahun 2021. 

“Ini adalah berita baik, meskipun perdagangan dunia cenderung menurun akan tetapi Indonesia masih bisa mempertahankan nilai surplus perdagangan dengan Swiss. Kita berharap semoga ke depan nilai surplus perdagangan Indonesia ke Swiss tetap bertahan,” ujar Dubes RI untuk Swiss dan Liechstentein, Muliaman D Hadad dalam keterangan tertulisnya kepada Rakyat Merdeka Selasa (29/6) 

Baca juga : Lockdown 14 Hari Butuh Rp 25 Triliun

Surplus perdagangan dimaksud merupakan titik cerah di tengah lesunya perekonomian dunia sebagai akibat terpaan pandemi. Negara dengan perekonomian yang kuat pun seperti Swiss, tidak luput dari dampak pandemi yang berimbas pada pertumbuhan ekonomi negara tersebut. 

Hal ini karena Swiss merupakan negara yang berorientasi ekspor.Menurut Kementerian Koordinator Perekonomian Swiss (SECO), pertumbuhan ekonomi Swiss mengalami penurunan 0.5 persen pada triwulan I 2021, setelah tumbuh 0.1 persen pada triwulan IV 2020. 

Sektor perdagangan secara keseluruhan mengalami kontraksi sebesar 4,8 persen pada tahun 2021. Perkembangan positif di sektor perdagangan ini kiranya dapat menjadi modal utama dalam upaya pemulihan ekonomi bagi kedua negara. 

Momentum surplus perdagangan yang dicatat Indonesia terhadap Swiss dimaksud juga diharapkan dapat berkontribusi dalam proses pemulihan ekonomi, serta membantu upaya build back better. 

“Terjadi pergeseran urutan komoditas ekspor utama Indonesia, terutama pada mesin turbin dan suku cadang, mebel, dan minyak atsiri. Apabila dilihat dari nilainya, ketiganya mengalami peningkatan pada periode Januari-Mei tahun 2021 dibanding tahun 2020 pada periode yang sama,” paparnya. 

Minyak atsiri (HS 3301.29), naik satu peringkat pada periode Januari-Mei tahun 2021, dari peringkat ke-9 pada tahun 2020 menjadi peringkat ke-8. Nilai ekspor Indonesia untuk komoditas minyak atsiri pada periode Januari-Mei 2021 tercatat senilai USD 8.1 juta. 

Baca juga : Demi Kane, Man City Nyiapin Rp 2 Triliun

Sedangkan untuk periode sama tahun 2020 senilai USD 5.2 juta. Sepuluh komoditas ekspor utama Indonesia ke Swiss pada 2021 adalah perhiasan/logam mulia HS 71, alas kaki HS 64, produk tekstil bukan rajutan HS 62, produk tekstil rajutan HS 61, elektronika HS 85, kopi HS 0901, mebel HS 94, minyak atsiri HS 3301.29, mesin turbin dan suku cadang HS 84 serta kimia organik HS 29. 

Emas Indonesia masih menjadi primadona, yaitu hampir 75% dari total nilai ekspor Indonesia periode Januari-Mei 2021, sementara jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, nilai ekspor emas mencapai 85 persen dari total ekspor Indonesia ke Swiss, diikuti oleh alas kaki, tekstil dan tekstil rajutan. 

Pada Mei 2021 kata Mantan Ketua Komisoner Otoritas Jasa Keuangan ini, ekspor Indonesia ke Swiss kembali meningkat sebesar 4,5 persen. 

Nilai ekspor Indonesia pada Mei tersebut tercatat sebesar USD 228 juta dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun 2020 yaitu sebesar USD 218 juta. 

“Sinyal baik dari perdagangan Indonesia yang terus meningkat dengan Swiss, nantinya akan semakin terdorong dengan implementasi dari IE-CEPA. Para pengusaha dan stakeholders terkait, baik di Indonesia dan Swiss, dapat mengambil manfaat dari perjanjian ini”, jelas Dubes Muliaman. 

Indonesia telah meratifikasi perjanjian Indonesia - EFTA CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement between the Republic of Indonesia and the European Free Trade Association States). 

Baca juga : PT PP Raih Kontrak Baru Rp 6,7 Triliun

Saat ini, Swiss masih dalam proses ratifikasi perjanjian setelah melewati proses referendum terkait dengan sawit. Indonesia - EFTA CEPA (IE-CEPA) merupakan perjanjian penting dan diharapkan melalui perjanjian ini peluang semakin terbuka untuk akses pasar perdagangan barang, jasa, dan investasi sehingga akan semakin mendorong penguatan kerja sama ekonomi bilateral Indonesia-Swiss. 

Dikutip dari laman EFTA, Swiss merupakan negara pengimpor tertinggi dari Indonesia dibanding dengan negara EFTA lainnya, yaitu lebih dari 65 persen total impor negara EFTA dari Indonesia. 

“KBRI Bern sendiri terus aktif melakukan pendekatan pihak terkait untuk berdialog dan sosialisasikan manfaat IE-CEPA,” terangnya. 

Misalnya, baru-baru ini, KBRI Bern telah menyelenggarakan pertemuan dengan pengusaha restauran, warung kopi, dan pengusaha di bidang jasa, serta pengusaha lainnya terkait rencana pembentukan trading house. IE-CEPA tidak hanya mencakup kerja sama perdagangan barang dan jasa, namun juga investasi. “Tahun ini, untuk pertama kalinya Swiss menempati Foreign Direct Investment ke-5 di Indonesia pada kuartal pertama 2021,” pungkasnya. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.