BREAKING NEWS
 

Teknologi Informasi dan Komunikasi, Agar Generasi Muda Menjadi Produktif

Reporter & Editor :
TEAM ADV
Jumat, 27 November 2020 16:48 WIB

 Sebelumnya 
Kemudian yang kedua itu dari aspek legislasi, dalam rangka mengembangkan mendorong dan membangun ekosistem dan pemanfaatan, bidang komunikasi informasi dan perlindungan data, peningkatan kolaborasi.

Tujuannya adalah untuk mengembangkan ekonomi khususnya untuk pengembangan SDM Indonesia bisa bersaing di kancah dunia. Indonesia berdasarkan digital kompetitif atau daya saing digital dunia itu berada di urutan 56 dari 62 negara. Sangat rendah, karena Indonesia dianggap masih banyak belum memiliki literasi yang cukup untuk masyarakat.

Baca juga : Pemanfaatan Tik Untuk Pendidikan Dan Membangun Generasi Muda Yang Produktif

Dengan kondisi ini hanya sebagai pasar terbesar, tapi daya saing, terancam hanya menjadi pasar dan dapat kehilangan kesempatan untuk mengetik dampak baik dari teknologi. Bagaimana memanfaatkan daya saing yang rendah, disebabkan rendahnya literasi digital membuat Indonesia terancam, mulai dari konten negatif, ujaran kebencian, penipuan.

Ini semua gampang banget terpapar semua dari dampaknya, untuk itu Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan gerakan nasional literasi digital atau ciber kreasi, gerakan yang bertujuan untuk mendorong masyarakat aktif berpartisipasi menyebarkan konten positif melalui internet, menjadi lebih produktif upaya penanggulangan dari dampak negatif dilakukan dengan sosial kepada teman-teman seluruh lapisan masyarakat digital ke berbagai sektor pendidikan.

Baca juga : Isi Rakornas PMKRI, Bamsoet Ajak Generasi Muda Bangun Benteng Ideologi Bangsa

Menurut Imam Koirudin, S.Ag Tokoh Pemuda juga menyampaikan bahwa “pemanfaatan digital ini memang sangat luar biasa dan tidak bisa dipungkiri, tidak bisa dihindari, bahwa semua pasti berkaitan dengan namanya perkembangan teknologi informasi”. Pada prinsipnya bahwa perkembangan ilmu dan budaya, manusia ini sudah luar biasa, sehingga bisa dikatakan tarafnya adalah yang serba cepat dan canggih, sehingga seakan-akan manusia bumi di planet ini tidak ada batasnya.

Teknologi untuk membantu manusia mempermudah, mencapai tujuannya, memenuhi kebutuhannya, intensitas komunikasi sangat luar biasa, sekarang melalui Whatsapp biasa video call-an. Melalui Facebook, bisa mentransformasi data tukar-menukar data, sebagai sarana transaksi.

Baca juga : Pemanfaatan Tik Untuk Pendidikan Dan Membangun Pemuda Yang Produktif

Fungsi dari teknologi ini mulai transaksi perbankan, kemudian terkait dengan transportasi. Sisi-sisi negatif yang perlu menjadi perhatian bersama. Sisi negatif terutama para pemuda remaja itu kecanduan-kecanduan, selalu pegang smartphone bisa dikatakan karena kecanduan, itu akan kehilangan waktu dan kehilangan uang.

Kalau tidak bisa memanfaatkan secara benar, akan kehilangan waktu, karena waktu itu tidak bisa terulang lagi dan akan terus berjalan, sesuatu yang sangat penting yang menentukan masa depan, jangan sampai kehilangan waktu, hanya gara-gara menikmati teknologi. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense