BREAKING NEWS
 

Dorong Percepatan Pembangunan Ekonomi

Airlangga Rapat Maraton Pagi Sampai Sore Dengan 3 Kepala Daerah

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Rabu, 11 Mei 2022 21:01 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenko Perekonomian)

 Sebelumnya 
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyambut baik percepatan pelaksanaan Pepres 80/2019, sebagai salah satu upaya dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur setelah pandemi Covid-19. Dalam kaitan itu, Airlangga menyampaikan enam proyek yang menjadi highlight dan prioritas.

Pertama, Pembangunan Jalan Tol Ngawi-Bojonegoro-Tuban-Lamongan-Manyar-Bunder untuk mendukung kegiatan operasional Kilang Minyak Tuban dan Kawasan Ekonomi Khusus Java Integrated Industrial and Port Estate (KEK JIIPE) yang merupakan salah satu anchor yang mendukung aktivitas perekonomian masyarakat, diarahkan untuk segera didorong transaksinya (penetapan Badan Usaha Jalan Tol/BUJT) dan financial closing pada 2023. Kementerian Keuangan juga diharapkan mulai menganggarkan alokasi pengadaan melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) di 2023.

Baca juga : Panglima Keamanan Kraton Kukar Yakin Budaya Lokal Terangkat

Kedua, Pengendalian Banjir Kali Lamong sebagai Proyek Strategis berdampak nasional untuk penanganan banjir di wilayah Jawa Timur, diarahkan untuk segera dialokasikan dukungan pengadaan lahannya oleh Kementerian Keuangan sebesar Rp 1,1 triliun.

Ketiga, Pembangunan Bendung Gerak Karangnongko, yang merupakan salah satu program strategis untuk mendukung infrastruktur pangan dan pengendalian banjir khususnya di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur bagian selatan, didorong untuk segera diselesaikan pengadaan lahannya oleh Pemkab Bojonegoro dan Pemprov Jawa Timur di 2023, sehingga Kementerian PUPR dapat mulai menganggarkan dan segera melakukan konstruksi pada 2023.

Baca juga : Putin Minta Negara Barat Stop Kirim Senjata Ke Ukraina

Keempat, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, proyek untuk meningkatkan ketersediaan air bersih dan air minum, Kementerian PUPR sudah berkomitmen untuk mendukung melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022/2023, khususnya untuk infrastruktur jaringan distribusinya.

Kelima, Bendungan Bagong, sebagai proyek prioritas untuk penyediaan air bersih masyarakat dan pengentasan kemiskinan, arahannya agar diupayakan solusi yang terbaik untuk relokasi masyarakatnya.

Baca juga : PJB Kembangkan Teknologi Amonia Co-firing Untuk Energi Bersih Dan Hijau

Keenam, Pembangunan Kereta Gantung di Kota Batu dan Pengembangan Kereta Gantung Puncak Pananjakan Kawah Bromo, sebagai proyek untuk mendukung aksesibilitas dan pariwisata di Jawa Timur, khususnya di Kota Batu dan Bromo, diupayakan percepatan penyelesaian regulasinya agar dapat segera terbangun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense