BREAKING NEWS
 

Pantau Secara Virtual

Kemendagri Pastikan Pelaksanaan Pilkades Serentak Gorontalo Utara Sesuai Prokes

Reporter & Editor :
OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Selasa, 5 Juli 2022 15:11 WIB
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa memantau pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, secara virtual.

Salah satu yang dipantau, adalah praktek penerapan protokol kesehatan selama pilkades serentak di Kabupaten tersebut.

Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Yusharto Huntoyungo mengungkapkan, secara umum, berdasarkan laporan dari tim pemantau daerah di TPS desa sampel, proses pemungutan suara sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2020.

Baca juga : Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Pastikan Sesuai Prokes

"Di mana pada TPS tersebut sudah menyediakan sarana cuci tangan, thermo gun, sarung tangan sekali pakai hingga penyemprotan desinfektan secara berkala," ujarnya, Selasa (5/7).

Kabupaten Gorontalo Utara melaksanakan pilkades serentak pada 34 desa di 11 kecamatan dan diikuti oleh 114 calon kepala desa.

Adsense

Jumlah itu terdiri dari 92 calon kepala desa laki-laki dan 22 calon kepala desa perempuan, dengan jumlah DPT sebanyak 28.065 pemilih yang tersebar di 73 TPS.

Baca juga : Program Irigasi Kementan Optimalkan Pengembangan Budidaya Petani Di Kulon Progo

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Gorontalo Utara sudah menyesuaikan regulasi melalui Peraturan Bupati Nomor 17 Tahun 2021 tentang Pemilihan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Desa. Beleid itu di mengatur mengenai penerapan prokes dan pembatasan DPT maksimal 500 orang per TPS.

Sementara keadaan terkendali dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Gorontalo Utara telah dinyatakan dalam Surat Bupati Gorontalo Utara Nomor 140/DPMD/241/VI/2022 tanggal 30 Juni 2022 hal Laporan Kesiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2022 di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Yusharto berharap, Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara tetap waspada dan tidak lengah terhadap pandemi Covid-19. Terutama, di tengah kemunculan kasus Omicron BA.4 dan BA.5.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense