BREAKING NEWS
 

Diungkapkan Menkominfo

Ngeri Deh, Data Pribadi Publik Bocor Setiap Hari

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Sabtu, 27 Agustus 2022 07:55 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. (Foto: Dok. BNPB)

 Sebelumnya 
Mulai dari sanksi ringan, yakni perbaikan administratif dan tata kelola organisasi, sanksi sedang berupa perbaikan teknologi enkripsi dan teknologi security, hingga sanksi berat berupa penutupan akses lembaga.

Diungkapkan Johnny, sanksi berat akan dijatuhkan jika kebocoran data terjadi berulang kali dan merugikan masyarakat.

Sementara, Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan menerangkan, Kemenkominfo telah memanggil PLN pada 20 Agustus dan Telkom pada 22 Agustus lalu, untuk dimintai keterangan soal kebocoran data pelanggan.

Baca juga : Diluncurkan Di Aceh, BTN Syariah Jadi Bank Pertama Salurkan Tapera Syariah

Dia memastikan, Kemenkominfo akan terus melakukan pendalaman dan investigasi lebih lanjut terhadap laporan yang diberikan oleh kedua perusahaan.

“Upaya peningkatan keamanan siber perlu segera dilakukan oleh kedua perusahaan untuk mencegah kemungkinan kerugian lain di kemudian hari,” tuturnya.

Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber Communication & Information System Security Research Center (CISSReC) Pratama Persadha menyarankan, perlunya forensik digital untuk mengetahui celah keamanan yang dimanfaatkan oknum untuk mengambil data pribadi konsumen.

Baca juga : Sri Mul: Keterbukaan Informasi Publik Bisa Cegah Hoax

Pratama menjelaskan, kebocoran terungkap ketika anggota forum di aplikasi Telegram dengan nama ‘Loliyta’ mengunggahnya pada Kamis (18/8).

Saat coba dihubungi lewat telegram, sang peng-upload tidak merespons. Kini akun telegramnya sudah tidak aktif dalam beberapa hari terakhir.

Menurutnya, saat ini pemerintah juga harus gencar dan terus menerus menanamkan kesadaran akan pentingnya perlindungan data.

Baca juga : Junimart Ingatkan Menteri Hadi Teliti Terbitkan Sertifikat Tanah

“Secara teknologi misalnya, dapat menggunakan enkripsi, sehingga kalau data bocor tetap masih terlindungi,” katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense