BREAKING NEWS
 

Jam 2 Siang Ini Habibie Dimakamkan di TMP Kalibata, Jokowi Jadi Inspektur Upacara

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 12 September 2019 09:18 WIB
Keakraban Presiden Jokowi dan Presiden ke-3 RI, mendiang BJ Habibie (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi akan bertindak selaku inspektur upacara dalam prosesi pemakaman kenegaraan Presiden ke-3 RI, BJ Habibie, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9) sekitar pukul 14.00 WIB.

Menurut keterangan tertulis Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, dan keterangan anggota pengamanan objek vital kediaman Presiden Ke-3 RI, Aiptu Suryono, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga akan turut hadir dalam upacara tersebut.

Baca juga : Jam 1 Siang Ini, Jenazah Habibie Diberangkatkan Dari Rumah Duka ke TMP Kalibata

Sebelum diberangkatkan ke TMP Kalibata, akan dilakukan upacara penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada pemerintah, di rumah duka yang terletak di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9), sekitar pukul 12.30 WIB.

Adsense

Upacara tersebut akan dipimpin oleh Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar.

Baca juga : BJ Habibie Akan Dimakamkan di TMP Kalibata, Besok

Rombongan kereta jenazah akan berangkat menuju TMP Kalibata pada pukul 13.00 WIB, melalui rute Jalan Taman Patra Kuningan - Jalan Patra Kuningan Utara - Jalan HR Rasuna Said - Jalan Jenderal Gatot Soebroto - Jalan Raya Pasar Minggu - Jalan Raya Kalibata hingga ke TMP Kalibata.

Jenazah Habibie akan dimakamkan di sebelah pusara mendiang istrinya, Hasri Ainun Besari, yang wafat di Munchen, Jerman, pada 22 Mei 2010. Menempati slot 120-121 di TMP Kalibata.

Baca juga : Jokowi Puji Kinerja MPR

Habibie menghembuskan napas terakhirnya di RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta dalam usia 83 tahun, pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB.

Sebelumnya, Habibie menjalani perawatan intensif dibawah pantauan Tim Dokter Kepresidenan di rumah sakit tersebut, sejak 1 September lalu. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense