BREAKING NEWS
 

HUT ke-74 KAI, Menteri Rini Resmikan Monumen Lokomotif di Bandung

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Minggu, 29 September 2019 14:09 WIB
Menteri BUMN Rini M Soemarno (tengah) didampingi Dirut PT KAI Edi Sukmoro (kiri) saat meresmikan Monumen Lokomotif di Bandung, Minggu (29/9). (Foto: Humas KAI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka HUT ke-74 PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, Menteri BUMN Rini M Soemarno meresmikan Monumen Lokomotif di Bandung, Jawa Barat, Minggu (29/9).

Monumen Lokomotif BB 300 ini berlokasi di Gerbang Pusdiklat Ir H.Djuanda Jalan Laswi, Bandung.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, Lokomotif BB 300 ini merupakan lokomotif tahun 1958 produksi Fried Krupp, Jerman.

Baca juga : Pertamina Resmikan Enam Titik SPBU 3T di Kalimantan

Lokomotif tersebut sempat beroperasi melayani berbagai rute, baik di pulau Jawa dan Sumatera.

 

Adsense

"Lokomotif BB 300 ini terakhir beroperasi pada tahun 2015. Dan sekarang, kami jadikan monumen di Pusdiklat Ir H Djuanda sebagai bentuk pelestarian terhadap benda-benda bersejarah yang dimiliki oleh KAI," kata Edi.

Baca juga : Dikawal Dubes Swiss dan Menteri Rini, Stadler Percepat Bikin Pabrik KA Di Banyuwangi

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Rini juga muluncurkan buku "Menjaga Jalan Baja - Jawa Barat dan Banten". Buku yang menyajikan profil jalur kereta api non aktif Provinsi Jawa Barat dan Banten, merupakan sinergi dari KAI dan Yayasan Kereta Anak Bangsa.

"Banyak jalur kereta api non aktif di Jawa Barat dan Banten yang memiliki potensi luar biasa. Melalui buku ini, KAI berharap dapat melestarikan aset perkeretaapian yang bernilai sejarah," kata Edi.

Pada hari ini, KAI juga melaksanakan family gathering di Pusdiklat Ir. H. Djuanda, Bandung pada Minggu (29/9).

Baca juga : Bamsoet Resmikan Monumen Guru Indonesia di Banjarnegara

Kegiatan family gathering ini diikuti oleh 8.000 lebih pegawai KAI beserta keluarganya, untuk bersama-sama merayakan ulang tahun KAI.

Menteri Rini M Soemarno juga mengikuti kegiatan jalan sehat sejauh 5 km. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense