BREAKING NEWS
 

Pembangunan Karakter SDM Transportasi Dalam Keberagaman Sebagai Jembatan Pemersatu Bangsa

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Rabu, 19 Agustus 2020 14:33 WIB
Foto: Diambil sebelum pandemi Covid-19. (Foto: BPSDM Perhubungan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki keberagaman dalam kehidupan masyarakatnya. Keberagaman timbul karena banyak perbedaan seperti suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial budaya, ekonomi dan lainnya. Keberagaman menjadi warna warni kebhinekaan bangsa yang harus dipertahankan.

Presiden Joko Widodo dalam pidato politiknya menyampaikan bahwa persatuan dan kesatuan bangsa adalah pengikat utama dalam meraih kemajuan. Persatuan dan persaudaraan harus terus diperkuat karena hanya dengan bersatu, Indonesia akan menjadi negara yang kuat dan disegani di dunia, menjadi Indonesia Maju.

Baca juga : Transportasi Berperan Penting Rajut Keberagaman

Dalam rentang waktu pemerintahannya, Presiden Joko Widodo telah membangun pondasi yang dipersyaratkan untuk menuju Indonesia unggul, indikatornya tercermin dari masifnya pembangunan infrastruktur, percepatan, dan pemerataan pembangunan dengan konsepsi Indonesia Sentris.

Pondasi ini diharapkan dapat menjadi batu lompatan dalam memajukan pembangunan manusia. Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), yang salah satu tugasnya adalah menyiapkan SDM transportasi darat, laut, udara, maupun perkertaapian yang berkompeten dan profesional untuk transportasi Indonesia yang andal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah, mengejawantahkan visi tersebut melalui beberapa peran.

Baca juga : Tegakkan Etika dan Norma dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Pertama, menjembatani keberagaman wilayah geografis, lokasi Perguruan Tinggi BPSDMP terbentang dari ujung barat hingga timur Indonesia. Paling barat berdiri megah Politeknik Pelayaran Malahayati dan di ujung timur ada Politeknik Penerbangan Jayapura.

Dalam membangun Perguruan Tinggi, BPSDM Perhubungan menyesuaikan dengan demand pada lokasi tersebut. Sebagai contoh: wilayah timur Indonesia berdasarkan training need analysis, matra laut yang menjadi favorit.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense