Dark/Light Mode

75 Tahun Indonesia Merdeka

Transportasi Berperan Penting Rajut Keberagaman

Rabu, 19 Agustus 2020 13:00 WIB
Ilustrasi penumpang KRL Commuterline di masa pandemi, jaga jarak untuk meminimalkan risiko penularan Covid-19. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Ilustrasi penumpang KRL Commuterline di masa pandemi, jaga jarak untuk meminimalkan risiko penularan Covid-19. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17.500 pulau. Pulau-pulau tersebut membentang dari Sabang-Merauke, yang jika diukur panjangnya kira-kira setara jarak dari London (Inggris) hingga Baghdad (Irak).

Sensus Penduduk 2010 menyebut, ada 1.331 kelompok suku di Indonesia. Badan Bahasa juga telah memetakan dan memverifikasi 652 bahasa daerah yang berbeda, dalam periode 1991-2017. Karena itulah, diperlukan sistem transportasi dan telekomunikasi yang baik untuk merekatkan keterhubungan antarwilayah yang terbentang luas tersebut.

Tangkapan layar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menjadi pembicara kunci dalam webinar “Transportasi Untuk Merajut Keberagaman, Episode 1: Moda Kereta Api” yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan, Selasa (11/8). (Sumber: YouTube)

Di bawah kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo, pemerintah terus berupaya meningkatkan konektivitas atau keterhubungan di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga : Pertamina Perkokoh Posisi Sebagai Perusahaan Energi Dunia

Berbagai pembangunan infrastruktur transportasi, baik di kota-kota besar maupun ke daerah terpencil, terluar, tertinggal, daerah terluar dan perbatasan terus dilakukan.

Jika dilihat lebih dalam, transportasi tidak saja berperan penting dalam menghubungkan satu wilayah dengan wilayah lainnya, atau hanya menjadi tulang punggung pembangunan nasional yang mendorong pertumbuhan ekonomi suatu wilayah.

Lebih dari itu, transportasi juga berperan penting sebagai perekat wilayah nusantara, dan merajut keberagaman yang telah menjadi berkah bagi bangsa Indonesia.

Baca juga : Lagi, Indonesia Ekspor Bawang Putih ke Taiwan

Dengan keterhubungan yang baik antar wilayah di Indonesia melalui transportasi darat, laut, udara dan kereta api, pembangunan yang merata di setiap daerah diharapkan dapat segera terwujud.

Meratanya pembangunan, akan menimbulkan kesetaraan, yang pada akhirnya dapat merajut keberagaman antar masyarakat di Indonesia. Sarana dan prasarana transportasi kini telah terbangun di pulau terluar seperti Sabang, Merauke, Miangas sampai Pulau Rote.

Hal ini sesuai dengan konsep membangun Indonesia dari pinggiran, yang telah dicanangkan pemerintahan Presiden Joko Widodo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.