BREAKING NEWS
 

Asik, GeNose Sudah Digunakan Di 26 Kapal Pelni

Reporter : KINTAN PANDU JATI
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Minggu, 30 Mei 2021 11:08 WIB
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) menjadi perusahaan pelayaran pertama yang menyediakan perlengkapan alat skrining Covid-19, GeNose C19, di atas kapal.

Alat skrining Covid-19 buatan anak bangsa ini disediakan di seluruh kapal penumpang Pelni yang berjumlah 26. Hal itu, demi memastikan kondisi kesehatan seluruh kru kapal selama pelayaran.

Pjs Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Opik Taufik mengatakan, kehadiran GeNose C19 di seluruh armada Pelni diharapkan memberikan rasa aman dan nyaman bagi kru kapal, dan khususnya bagi para pelanggan.

Baca juga : Sharp Bersedekah Donasikan Lemari Es dan TV Ke Panti Asuhan

"Alat ini digunakan sebagai skrining kesehatan bagi kru kapal yang bertugas. Alat ini juga dapat digunakan bagi penumpang kapal Pelni yang di tengah pelayaran menunjukan gejala tertentu. Kehadiran GeNose C19 ini semakin melengkapi fasilitas kesehatan di atas kapal Pelni," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Minggu (30/5).

Menurut Opik, penyediaan layanan GeNose C19 di 26 kapal penumpang itu juga merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam mendukung program pemerintah dalam pencegahan Covid-19 di transportasi umum. 

Adsense

"Kami juga terus melaksanakan penyemprotan desinfektan dan menjaga physical distancing pada setiap pelayarannya, jadi pelanggan dapat semakin mempercayakan perjalanannya dengan kapal Pelni," tutur Opik.

Baca juga : Kado Waisak, 28 Warga Binaan Salemba Dapat Remisi

Tak hanya GeNose, seluruh kapal penumpang Pelni dilengkapi dengan tenaga dokter yang ikut sepanjang pelayaran. Selain itu, kapal Pelni juga memiliki ruang pemeriksaan dan ruang perawatan bagi yang membutuhkan, serta obat-obatan.

Dalam keterangan tertulisnya, Opik juga membeberkan data jumlah penumpang kapal pada periode pengetatan pasca mudik.

Dia merinci, hingga hari keempat berakhirnya periode pengetatan pasca mudik, terhitung sejak tanggal 25-28 Mei 2021, Pelni telah mengantarkan penumpang sebanyak 31.540 kapal penumpang dan 7.368 penumpang kapal perintis.

Baca juga : Hasnaeni : Partai Emas Sudah Terdaftar Di 26 Provinsi

Lonjakan penumpang tertinggi di kapal penumpang pada hari kedua yaitu 26 Mei 2021 sebanyak 11.205 penumpang, dengan ruas tertinggi Pare Pare-Tarakan dan Bau Bau-Makassar.

Sementara, pada kapal perintis, penumpang tertinggi pada hari pertama yaitu 25 Mei 2021 sebanyak 2.842 penumpang, dengan ruas tertinggi Masalembo-Kalianget dan Tanjung Wangi-Sapeken.

"Pelanggan dapat membeli tiket kapal Pelni melalui layanan online yaitu website resmi Perusahaan dan Pelmi Mobile Apps, contact center 162, travel agent, dan mitra penjualan tiket. Untuk informasi mengenai jadwal kapal, pelanggan juga dapat menghubungi kontak WhatsApp Pelni di 0811-1621-162," tandasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense