BREAKING NEWS
 

Menteri Rini: Program Wirausaha Pertanian Tingkatkan Pendapatan Petani Purwakarta

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Jumat, 26 April 2019 18:17 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno meninjau kegiatan operasional pabrik pengolahan gabah di Sentral Pengolahan Beras Terpadu (SPBT)/Rice Milling Unit (RMU) di Desa Taringgulandeuh, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, Jumat (26/4). (Foto: Humas BUMN)

 Sebelumnya 
Selain RMU, Bank BTN juga menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Pemerintah Daerah Purwakarta untuk mengembangkan pertanian organik terintegrasi. Integrasi tersebut dimulai dari proses pratanam hingga pasca panen. 

"Melalui sistem terintegrasi ini, kami juga bisa secara tepat sasaran menyalurkan KUR bagi para petani. Dengan begitu, kami berharap para petani tidak lagi terlibat dengan para tengkulak. Imbasnya, kesejahteraan petani lebih terjamin dan harga pangan terjaga," jelas Menteri Rini. 

Baca juga : Pameran Pangan Nusantara Tingkatkan Peluang Investasi Produk Unggulan Daerah

Salurkan KUR

Sebagai bagian dari program kewirausahaan Petani, Bank BTN juga mendukung pembiayaan bagi petani Purwakarta melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang terintegrasi dengan Kartu Tani. 

Baca juga : Tumpang Sari Jahe Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Hingga saat ini tercatat  2.393 kartu  tani telah disalurkan dengan total penyaluran KUR ke petani di Purwakarta mencapai Rp 1,6 miliar.

"Kami akan terus meningkatkan penyaluran kartu tani, sehingga semakin banyak petani yang bisa merasakan manfaat dari kartu tersebut,” tegas Maryono. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense