BREAKING NEWS
 

Wonogiri Kabupaten Pertama Selesaikan Data SDGS Desa

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : MUHAMAD FIKY
Rabu, 16 Juni 2021 20:51 WIB
Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar melaporkan Kabupaten Wonogiri berhasil menjadi yang  pertama menyelesaikan pendataan pemutakhiran data berbasis SDGs Desa, sebelum waktu yang ditargetkan, 1 Juni 2021.
 
Di mana dari 251 Desa yang tergabung dalam 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri tercatat telah menyelesaikan pendataan. 
 
“Saya sengaja sowan ke sini untuk belajar lebih jauh proses pendataannya, untuk kita tularkan kepada bupati-bupati se-Indonesia,” ujar Mendes saat mengunjungi Kabupaten Wonogiri Rabu (16/6).
 
Abdul Halim Iskandar yang akrab disapa Gus Menteri ini mengatakan, bahwa data merupakan instrumen penting dalam menentukan arah kebijakan pembangunan baik di pusat maupun di desa.
 
“Di Kementeriannya enggak bisa ngomong teori, harus ngomong data, enggak mungkin 74.961 desa terus ngomong teori-teori pembangunan, harus data,” ujarnya.
 
Oleh karena itu, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh  jajaran di Pemerintah Kabupaten Wonogiri, termasuk para Camat, Kepala Desa, Pendamping Desa, Ketua Pokja relawan pendataan SDGS Desa yang berhasil menuntaskan seluruh data SDGs Desa.
 
Gus Menteri kemudian memberikan penghargaan kepada 656 orang yang terlibat dan berhasil menyelesaikan pendataan. 656 orang tersebut, terdiri dari 251 kepala desa, 251 sekretaris desa yang juga sebagai ketua Pokja pendataan, pendamping kabupaten sebanyak 6, pendamping desa sebanyak 53 dan pendamping lokal desa sebanyak 69 orang.
 
Teranyar, per 16 Juni, tercatat sudah ada 40.833 desa atau setara 54% desa sudah menyelesaikan pendataan. Sementara untuk data warga yang sudah masuk di dalam SDGs Desa atau sistem informasi desa mencapai 79.896.201 warga atau setara 68% dari total warga desa.
 
Setelah dari pendopo Kabupaten Wonogiri, Mendes bersama  rombongan kemudian bertolak ke Desa Sendang  untuk mengunjungi BUMDes Sendang Pinilih, dengan unit usahanya, wisata Watu Cenik. [DIR]
 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense