BREAKING NEWS
 

Tangani Masalah Kemiskinan

Menteri Sosial Gandeng Mahasiswa Seluruh Indonesia

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : ESTI FITRIA WULANDARI
Jumat, 18 Juni 2021 16:30 WIB
Tri Rismaharini (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Sosial akan menggandeng para mahasiswa untuk menganalisis penanganan masalah kemiskinan di lapangan.

“Kami menggandeng para mahasiswa tak sekedar verifikasi-validasi data, melainkan untuk menganalisis masalah kemiskinan, ” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini, seperti keterangan yang diterima RM.id, Jumat (18/6).

Dengan melibatkan mereka, kata Mensos, akan dipotret persoalan kemiskinan dari sisi praktik masalah sosial yang memang hal itu terjadi di tengah masyarakat.

Baca juga : Tangani Bencana, Kemensos Gandeng Berbagai Pihak

“Jadi, satu semester akan mendapatkan 20 SKS terkait praktik sosial. Insya Allah tengah dibahas dan proposalnya nanti akan diajukan pada Pak Nadiem, ” katanya.

Sebelumnya, dilaunching dan mereka akan mendaftar pada Kementerian Sosial (Kemensos), karena sebagai salah satu leading sector penanganan kemiskinan.

Adsense

“Awal Juli akan dilaunching pada para mahasiswa, sehingga di Agustus ini sudah mulai pendaftaran untuk program penanganan kemiskinan itu,” katanya.

Baca juga : Dongkrak Kompetensi Pekerja, Kemnaker Gandeng 4 Perusahaan Kakap

Tugas mereka menganalisis masalah, seperti kenapa orang yang layak mendapatkan bantuan, tapi malah tidak mendapatkan bantuan tersebut.

Dari hasil analisis komprehensif, bila ada warga mengaku petani tapi usai dicek hanya buruh dan tak punya lahan, lalu bagaimana bisa keluar dari kemiskinan.

“Memang, analisis itu berat tapi itu harus kita mulai satu demi satu dalam upaya penangnan kemiskinan dan mengungkap masalahnya seperti apa, ” katanya.

Baca juga : Khofifah Apresiasi Mahfud Kumpulkan Kiai Sosialisasi Bahaya Corona

Di lapangan mereka akan naik-turun gunung untuk menganalisis dan melakukan pengecekan lapangan sehingga akan dibantu untuk biaya transportasinya.

“Pasti mereka akan menempuh perjalanan dengan tidak mudah. Maka, nanti kita akan bantu untuk biaya transportasi ke lapangannya, ” terang Mensos. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense