BREAKING NEWS
 

Nakes RSDC Gugur, Kemenkes Beri Santunan Kepada Ahli Waris

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : KRISTANTO
Jumat, 16 Juli 2021 23:51 WIB
Wamenkes, Dante Daksono

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Daksono Harbuwono menyerahkan santunan kematian kepada ahli waris, Liza Putri Noviana sebagai Relawan Tenaga Kesehatan di RSDC Wisma Atlet secara virtual pada Jumat (16/7).

Ia berharap santunan yang diberikan dapat bermanfaat bagi keluarga tenaga kesehatan (nakes) yang telah meninggal dunia.

“Sungguh rasa duka dan kehilangan yang sangat besar, kami sampaikan kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan. Saya berharap santunan ini bisa bermanfaat bagi keluarga yang ditinggalkan,” ujar Wamenkes.

Pemberian santunan, kata Wamenkes, merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan dari Pemerintah atas jasa yang telah diberikan kepada bangsa dan negara dalam penanganan Covid-19.

Baca juga : Keterbukaan Greenpeace Bisa Tingkatkan Kepercayaan Publik

“Saya ucapkan terima kasih dan penghormatan yang setinggi-tingginya, kepada seluruh tenaga kesehatan yang sampai saat ini masih bekerja keras melawan Corona. Negara tidak akan lupa, negara akan terus memantau dan mendukung, karena apa yang dikerjakan oleh para nakes sungguh sangat mulia,” ucap Wamenkes.

Wamenkes menegaskan, Pemerintah akan terus bekerja keras memastikan perlindungan dan keselamatan tenaga kesehatan yang bertugas dalam penanganan Covid-19. Sebab, sebagai garda terdepan, tenaga kesehatan sangatlah rentan terpapar Covid-19.

Pemerintah juga berupaya untuk memperhatikan hak-hak nakes, memperhatikan akomodasi dan konsumsi yang baik, mengatur waktu istirahat yang cukup, jaminan asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan, serta pemberian vaksinasi booster kepada tenaga kesehatan.

Adsense

''Melalui berbagai program ini kami berharap semua tenaga kesehatan terhindar dari infeksi dan memiliki ketahanan tubuh yang baik, terus tingkatkan kewaspadaan dengan terapkan protokol kesehatan secara disiplin,'' terang Wamenkes.

Baca juga : Kepala Daerah Kudu Waspada!

Menutup sambutannya, Wamenkes berpesan bahwa menjaga tubuh tetap sehat dan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan adalah kunci untuk mencegah terpapar berbagai virus. 

Tak lupa, pihaknya juga menekankan bahwa sinergisitas dari seluruh elemen masyarakat adalah kekuatan yang harus dihimpun untuk bisa menghentikan laju penularan Covid-19 di Tanah Air.

“Marilah kita terus berupaya dan berdoa agar bencana non alam ini segera berlalu sehingga kita dapat kembali hidup normal yang lebih baik. Untuk itu, mari samakan derap langkah kita, dengan mensinergikan seluruh komponen bangsa ini untuk menekan dan mengurangi penyebaran Covid-19 demi anak cucu kita,” pungkasnya.

Sementara Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, Roswita Nilakurnia menyebutkan, bahwa santunan kematian yang diberikan kepada ahli waris sebesar Rp 318.100.000 terdiri dari santunan berkala, santunan biaya pemakaman, santunan penyakit akibat kerja dan santunan beasiswa kepada anak yang ditinggalkan, yang mana besarannya sesuai dengan jenjang pendidikan sang anak.

Baca juga : Agar Patuhi PPKM Darurat, Kemnaker Terbitkan Surat Edaran Untuk Dunia Usaha

“Semoga ini bisa bermanfaat bagi ananda dan bisa meneruskan cita-cita diri sendiri dan bermanfaat bagi bangsa dan negara,'' ucapnya. 

Sebagaimana diketahui, Liza merupakan perawat yang mengabdikan dirinya sebagai Relawan Tenaga Kesehatan di RSDC Wisma Atlet sejak tanggal 10 Juli 2020 dan dinyatakan gugur pada Kamis (24/6) lalu. [MFA]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense