BREAKING NEWS
 

Jalankan Amanat Nawacita

PUPR Targetkan PLBN Long Nawang Rampung Desember 2022

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : KRISTANTO
Sabtu, 7 Agustus 2021 18:58 WIB
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Long Nawang di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara Selesai Desember 2022.

Progres fisik konstruksi saat ini telah mencapai 17,07 persen. Selain meningkatkan daya saing nasional, PLBN juga untuk pemerataan hasil pembangunan, serta mengurangi disparitas, khususnya di wilayah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal). 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan PLBN tidak hanya bertujuan untuk pos lintas batas negara, namun juga akan didorong menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru. 

Baca juga : Jalan Bypass Sirkuit MotoGP Ditargetkan Selesai September 2021

Salah satunya dengan dibangunnya pasar. Dengan demikian, kehadiran PLBN akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan. 

"Pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan," kata Basuki, Sabtu (7/8). 

Adsense

Pembangunan PLBN Long Nawang merupakan salah satu bagian dari program pembangunan 11 PLBN yang diatur dalam Inpes No. 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 Pos Lintas Batas Negara Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan. 

Baca juga : Mantap! Diskon Tarif Listrik Diperpanjang Hingga Desember 2021

Pembangunan PLBN ini sesuai dengan amanat Nawacita yang dicetuskan oleh Presiden Jokowi pada awal masa kepemimpinannya di tahun 2014 yaitu ‘Membangun dari Pinggiran’ demi mengubah kawasan perbatasan negara yang sering disebut sebagai halaman belakang wilayah Negara Indonesia menjadi beranda depan yang dapat dibanggakan.

PLBN Long Nawang yang juga akrab dikenal masyarakat setempat dengan sebutan Tapak Mega ini berada di pedalaman pegunungan Long Nawang, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara yang berbatasan langsung dengan Long Busang di Sarawak, Malaysia. 

PLBN yang dibangun di atas lahan seluas 9 hektar ini mulai dibangun pada 3 September 2020, ditargetkan selesai pada Desember 2022, dengan total anggaran sebesar Rp 225,3 miliar yang bersumber dari APBN tahun 2020-2022 (MYC). 

Baca juga : 2022, PUPR Targetkan Bendungan Tamblang Bulelang Bali Selesai

Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang mengatakan, pembangunan PLBN Long Nawang serta 3 PLBN lainnya di Kalimantan Utara (PLBN Sei Pancang, PLBN Long Midang, dan PLBN Labang) sangat penting bagi negara karena selama ini perlintasan antar kedua negara (Indonesia – Malaysia) belum dapat terkontrol dengan maksimal. 

“Kita tentu berharap realisasi pembangunan segera selesai dan sehingga menjadi pos lintas terpadu sekaligus mendorong ekonomi daerah khususnya bagi masyarakat perbatasan Kalimantan Utara,” jelasnya.[MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense