Dark/Light Mode

Layanan Data Mulai Pulih

Telkom Targetkan Perbaikan Kabel Laut Di Jayapura Rampung Juni

Rabu, 5 Mei 2021 22:06 WIB
Layanan Data Mulai Pulih Telkom Targetkan Perbaikan Kabel Laut Di Jayapura Rampung Juni

RM.id  Rakyat Merdeka - Telkom Indonesia manargetkan, perbaikan putusnya kabel laut fiber optic ruas Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS), akan  selesai pada minggu pertama Juni 2021. 

“Kami akan terus mengupayakan dan memprioritaskan percepatan agar kualitas layanan bisa segera kembali normal. Mohon doa dan dukungan dari semua pihak agar proses recovery dapat berjalan lancar," ujar Vice President Corporate Communication PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk,  Pujo Pramono, Rabu (5/5).

Ia menduga penyebab putusnya kabel laut fiber optic dikarenakan faktor alam. Namun mengingat lokasi kabel yang terputus berada di kedalaman 4.050 m, Telkom baru dapat melakukan identifikasi lebih lanjut penyebab setelah pengangkatan kabel dari laut.

Baca juga : MUI Sayangkan Televisi Masih Tayangkan Program Tak Pantas Saat Ramadan

“Kami berupaya mempercepat pemulihan layanan di Jayapura. Setelah layanan suara dan pesan singkat (SMS) normal, layanan internet IndiHome sudah mulai pulih secara bertahap dan terbatas,” ujar Pujo.

Selain itu, layanan data Telkomsel. Layanan internet di Wifi Corner di Jayapura, Abepura, dan Sentani juga sudah kembali beroperasi dan dapat digunakan masyarakat. 

Sementara untuk Virtual Private Network (VPN), dan astinet bagi segmen korporat juga sudah mulai terhubung kembali secara bertahap dengan prioritas bandwidth.

Baca juga : Tahun Ini, PUPR Targetkan 427 Km Ruas Tol Baru Rampung

Pujo mengaku, saat ini kapasitas bandwidth Telkom yang tersedia sudah mencapai 1.493 Mbps, di mana Telkom menggunakan link backup untuk mempercepat pemulihan layanan. 

Adapun link back up dimaksud antara lain infrastruktur Palapa Ring Timur sebesar 500 Mbps yang beroperasi sejak 30 April 2021 dan sistem komunikasi satelit dengan kapasitas hingga 993 Mbps, baik melalui satelit di bawah pengelolaan Telkomsat untuk link Jayapura – Makassar maupun link satelit Telenet. 

Kapasitas bandwidth pun juga sedang dalam proses untuk ditingkatkan melalui satelit dari Telkomsat dengan kapasitas 124 Mbps dan 330 Mbps serta radio IP menuju Biak dengan kapasitas mencapai 1 Gbps yang ditargetkan selesai secara bertahap hingga 8 Mei 2021.

Baca juga : Lantik Anggota MPR PAW, Bamsoet Tekankan Pentingnya Kesalehan Sosial Di Saat Puasa

Seperti diketahui, sistem komunikasi kabel laut SMPCS ruas Biak–Jayapura di dasar laut terputus.  Ruas kabel ini berjarak 280 kilometer (km) dari Biak dan 360 kilometer (km) dari Jayapura. [MFA] 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.