BREAKING NEWS
 

Pertarungan Pemilu Di Filipina Sulit Ditebak

Duterte Batal Nyalon Jadi Anggota Senat

Reporter : DIANANDA RAHMASARI
Editor : MELLANI EKA MAHAYANA
Kamis, 16 Desember 2021 06:30 WIB
Presiden Filipina Rodrigo Duterte berbicara selama peringatan 123 tahun proklamasi upacara kemerdekaan Filipina pada 12 Juni 2021, di Ibukota Provinsi Provinsi Bulacan, Filipina. (Foto: (AP Photo/Aaron Favila).

 Sebelumnya 
Namun, Victor Manhit, analis dari think tank Stratbase, mengatakan, penarikan diri Duterte kemungkinan untuk mentransfer basis dukungannya kepada putrinya dan Marcos.

“Duterter berusaha mengkonsolidasikan kekuatan mereka untuk mengamankan kemenangan,”kata Victor Mahit, dikutip Reuters, kemarin.

Baca juga : Sah, Kawasan Condet Kini Ditetapkan Jadi Desa Kreatif

Analis lain juga berspekulasi. “Dia (Duterte) mungkin akan bosan di Senat karena dia terbiasa memegang komando,” kata dosen Ilmu Politik di Universitas Filipina, Jean Franco.

Terpisah, juru bicara Duterte, Karlo Nograles, mengatakan, Duterte memutuskan untuk mundur dari Pemilu Filipina 2022 agar bisa lebih fokus menangani pandemi dan memastikan pemilu berjalan tertib dan damai.

Baca juga : Libur Nataru Pake Kendaraan Pribadi, Stiker Bakal Jadi Syarat Wajib

“Setelah lebih dari empat dekade dalam pelayanan publik, Presiden Duterte berencana pensiun dari pemerintahan untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya ketika masa jabatannya berakhir pada Juni 2022,” terang Nograles.

Pemilu Filipina 2022 akan diikuti ribuan kandidat yang memperebutkan lebih dari 18.000 jabatan di pemerintahan. Mulai dari kursi presiden hingga anggota dewan kota.

Baca juga : Punggung Terkilir, Ratu Elizabeth II Batal Hadiri Remembrance Sunday

Berdasarkan jajak pendapatSocial Weather Stations, sosokyang amat dijagokan dalampemilihan presiden adalah Marcos Jr. urutan berikutnya ditempati petahana Wakil Presiden Leni Robredo, Wali Kota Manila Francisco Domagoso dan mantan petinju Manny Pacquiao. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense