BREAKING NEWS
 

Korsel Lantik Presiden Baru, Ada Megawati Hingga Wapres China

Reporter : DIANANDA RAHMASARI
Editor : MELLANI EKA MAHAYANA
Selasa, 10 Mei 2022 11:43 WIB
Yoon Suk-yeol, mantan Jaksa Agung yang bergabung dengan partai politik pada 2021, saat kampanye pemilihan presiden di Busan, Korea Selatan, Selasa, 8 Maret 2022. Ia dilantik Selasa, 10 Mei 2022. (Foto AP/Yonhap)

RM.id  Rakyat Merdeka - Yoon Seok-youl resmi dilantik sebagai Presiden Korea Selatan, Selasa (10/5). Dia akan menjalani masa kepemimpinan satu periode selama lima tahun ke depan.

Upacara pelantikan dilaksanakan di tengah cuaca cerah di halaman Majelis Nasional Seoul. Acara pelantikan Yoon dihadiri sejumlah tamu asing.

Baca juga : Kaos "Ganjar Presiden" Juga Dikasih Ke Pemudik

Ada Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri. Hadir juga suami Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris, Douglas Emhoff. Tampak juga  Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi. Perwakilan China yakni Wakil Presiden Wang Qishan hadir membawa surat dari Presiden Xi Jinping.

Dilansir AFP, Selasa, Yoon memulai jabatannya di tengah meningkatnya ketegangan dengan Korea Utara (Korut) yang dituding membangun senjata nuklir.

Baca juga : Kuartal I, Pembiayaan Baru Adira Capai 7,2 T

"Saya bersumpah di depan orang-orang bahwa saya akan setia menjalankan tugas presiden," kata Yoon, yang berjanji bersikap keras terhadap Korea Utara.

Yoon yang menang dalam pilpres 9 Maret lalu ini menyerukan denuklirisasi penuh Korut, dengan mengatakan program senjata negara tetangganya itu merupakan ancaman bagi keamanan global.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense