Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jelang Mudik Lebaran

BIN Semakin Gencar Menggelar Vaksinasi

Kamis, 21 April 2022 07:55 WIB
Kabinda Kepri Brigjen R.C Gumay di tengah vaksinasi, Rabu (20/4/2022). (Foto: Istimewa)
Kabinda Kepri Brigjen R.C Gumay di tengah vaksinasi, Rabu (20/4/2022). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Intelijen Negara (BIN) terus menggenjot vaksinasi Covid-19 menjelang libur Lebaran 2022. Masyarakat harus kuat melawan Corona.

Salah satunya, dilakukan BIN Daerah (Binda Kepri). Menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam, mereka terus menggelar vaksinasi di sejumlah titik di kota tersebut.

Selain di Puskesmas, gerai vaksinasi massal kemarin juga dibuka di Grand Batam Mall, Mall Botania, Lapangan Futsal SP Plaza, Perum Laguna Indah dan Kampus Unrika Batam dengan target sasaran 4.000 orang.

Berita Terkait : Sambut Mudik Lebaran 2022, SehatQ Luncurkan Aplikasi Kesehatan

Kabinda Kepri Brigjen R.C. Gumay menerangkan, alokasi vaksin diperuntukkan untuk semua kategori, baik dosis primer maupun booster. Kendati demikian, alokasi vaksin lebih banyak diperuntukan bagi masyarakat yang belum mendapat dosis booster.

Soalnya, capaian vaksin booster di Kepri masih rendah. Sedangkan vaksin booster, menjadi syarat wajib bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) agar dapat mudik selama libur Lebaran. Gumay menyebut, kegiatan vaksinasi digelar rutin untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Kepri, khususnya yang memerlukan booster sebelum mudik ke kampung halaman.

“Ketika sudah mendapat vaksin lengkap, kita lebih percaya diri dalam beraktivitas apalagi kalau ingin mudik tanpa harus pemeriksaan PCR atau antigen,” jelas Gumay.

Berita Terkait : Jelang Arus Mudik, PUPR Buka Jalan Duduksampeyan Gresik

Selain itu, ia menambahkan, program vaksinasi booster ini digelar demi memperkuat kekebalan masyarakat di tengah pandemi Covid-19, sekaligus mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Sesuai data dari Dinas Kesehatan Kepri, capaian vaksinasi booster hingga 19 April 2022 sebanyak 36,72 persen atau 504.240 orang dari total sasaran 1.373.372 orang masyarakat Kepri. Sementara itu, capaian vaksinasi booster tertinggi berada wilayah Batam dengan capaian 44,24 persen atau 349.274 orang dari total sasaran 789.451 orang masyarakat Batam.

Salah satu peserta vaksinasi, Agustina, mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan bagi masyarakat jelang Idul Fitri. “Terima kasih kepada Bapak Presiden dan Bapak Kepala BIN, yang telah bekerjasama dengan dinas kesehatan dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19 sehingga kita tahu sekarang kondisi Covid-19 mereda dan dapat dikendalikan,’’ tuturnya.

Berita Terkait : Jangan Plesiran Ke Luar Negeri

Kemudahan mendapat vaksinasi saat ini juga diungkapkan oleh peserta vaksinasi di gerai vaksinasi BIN yang dibuka di Unrika Batu Aji. “Saya mendapat kemudahan mengikuti vaksinasi karena penyelenggara dari BIN membuka pendaftaran online untuk masyarakat umum,” aku Anisa, yang tinggal di kawasan Pondok Bukit Barelang. [DIR]