Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Kasih Julukan Ke 6 Presiden

Instagram Setneg Diserbu Warganet

Senin, 18 April 2022 06:56 WIB
Kemensetneg mengunggah 6 foto presiden Indonesia, lengkap dengan julukannya masing-masing. (Foto: Instagram @kemensetnegri)
Kemensetneg mengunggah 6 foto presiden Indonesia, lengkap dengan julukannya masing-masing. (Foto: Instagram @kemensetnegri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga dunia maya lagi dibikin heboh dengan postingan yang dibuat akun resmi Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) di Instagram. Dalam postingannya itu, Kemensetneg mengunggah 6 foto presiden Indonesia, lengkap dengan julukannya masing-masing. Warganet yang penasaran langsung menyerbu Instagram Setneg.

Unggahan bertajuk Presiden Indonesia dan julukannya itu, diunggah di akun Instagram @kemensetnegri, Jumat (15/4). Isi postingan tersebut sebenarnya mengutip julukan 6 presiden yang sudah diabadikan Museum Kepresidenan RI Balai Kirti.

Dimulai dari Presiden RI ke-1, Ir. Soekarno yang mendapat julukan Bapak Proklamator. Presiden ke-2 Soeharto mendapat julukan Bapak Pembangunan. Presiden RI ke-3, BJ Habibie dijuluki Bapak Teknologi. Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur mendapat julukan Bapak Pluralisme. Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri mendapat julukan Ibu Penegak Konstitusi. Terakhir, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono mendapat julukan Bapak Perdamaian.

Kemensetneg mengunggah 6 foto presiden Indonesia

Baca juga : Kemenag Kucurkan Rp 1,95 Miliar Permak Masjid Dan Musala Di Pasaman Barat

Foto keenam mantan presiden itu, dipasang berjejer. Bung Karno mengenakan peci dan jas dengan kancing sedada. Soeharto juga mengenakan peci dengan pin RI1 di dada kiri. Begitu juga Habibie, Gus Dur dan SBY, sama mengenakan peci dan jas, bedanya di dadanya ada selendang dengan beragam tanda kehormatan. Mega juga begitu. Selain sanggul yang cantik, ada juga selendang dengan beragam tanda jasa di dadanya. Dalam postingan itu, tak ada Jokowi. Baik fotonya, juga gelarnya.

Di unggahan itu juga disebutkan alasan kenapa para presiden mendapat julukan tersebut. Soekarno misalnya disebut mendapat julukan Bapak Proklamator karena tokoh yang membacakan proklamasi pada 17 Agustus 1945.

Sementara Soeharto mendapat julukan Bapak Pembangunan lantaran memfokuskan program kerjanya pada pembangunan.

Baca juga : Satu Palestina Tewas Di Hari Ke 5 Operasi Militer Israel Di Tepi Barat

BJ Habibie mendapat julukan Bapak Teknologi karena kecerdasannya di bidang Iptek dan berhasil membuat pesawat N250 Gatotkaca. Gus Dur dijuluki Bapak Pluralisme karena gagasan-gagasan yang universal mengenai pentingnya keberagaman dan melindungi minoritas.

Sementara Megawati mendapat julukan Ibu Penegak Konstitusi karena pencetus berdirinya KPK, dan menyiapkan sistem Pemilu yang untuk pertama kalinya di Indonesia bisa memilih capres dan cawapres secara langsung.

Sedangkan SBY dijuluki Bapak Perdamaian karena banyak berpartisipasi dalam misi perdamaian, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Baca juga : Fadli Kasih Julukan Luhut Menkosaurus

Tak dijelaskan apa alasan Setneg bikin unggahan tersebut. Yang pasti, unggahan itu menjadi pembicaraan warganet. Sampai tadi malam, unggahan tersebut dikomentari 745 pengguna. Komentarnya macam-macam. Salah satunya banyak yang penasaran apa julukan Presiden Jokowi karena mungkin di postingan Kemensetneg itu, tak mencantumkan Jokowi dengan julukannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.